icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kiat Memanajemen Waktu saat Bekerja, Selengkapnya
Siker.id | 25 Nov 2021 17:30


Bagikan ke

siker.id - Manajemen waktu adalah hal yang tidak bisa kamu abaikan terutama saat kamu bekerja dan ingin mengembangkan karier. Manajemen waktu sendiri bukan sekadar hal yang memiliki common pattern dan harus kamu ikuti terus menerus, melainkan hal yang bisa terus berkembang dan dapat kamu improvisasi.

Terdapat beberapa tips yang harus kamu jalani untuk dapat terus mengembangkan manejemen waktu yang sudah kamu miliki. Setiap tips memiliki kapasitas yang berbeda dalam mengefektifkan manajemen waktu, namun tetap saling mendukung satu sama lain. Yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari langkah-langkah tersebut agar bisa kamu manfaatkan dengan baik. Bagi Anda yang masih merasa kurang bisa mengatur waktu dalam bekerja, jangan khawatir.

Baca juga: Apa Untungnya Menjadi Seorang Pegawai Negeri?

Berikut 6 cara mengatur waktu yang akan membantu Anda lebih produktif bekerja.

1. Fokus pada Pekerjaan

Agar Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu atau sesuai tenggat, tidak ada cara lain kecuali Anda fokus pada pekerjaan tersebut. Tinggalkan semua hal yang bisa berpotensi memunculkan gangguan terhadap proses kerja Anda. Inilah cara mengatur waktu agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan secara tuntas.

Salah satu yang sangat berpotensi besar menjadi gangguan adalah smartphone. Pasang smartphone pada silent mode, sehingga Anda tidak akan mendengar ketika ada notifikasi yang masuk. Karena ketika ada bunyi notifikasi yang berasal dari aplikasi chat atau media sosial, Anda pasti cenderung akan melihat dan membukanya. Jangan lupa untuk memasang logo “busy” pada aplikasi chatting agar Anda tidak dihubungi sementara waktu. Ketika Anda bekerja dengan menggunakan internet, usahakan juga menghindari membuka situs yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan Anda.

2. Disiplin Waktu

Tentu saja, bagi Anda yang baru memulai menerapkan manajemen waktu perlu disiplin waktu yang tinggi. Anda perlu membiasakan bekerja dengan disiplin waktu dengan kata lain tidak menunda-nunda pekerjaan. Sikap tidak disiplin inilah yang membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.

3. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

Setiap pekerjaan akan mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi akan sangat dibutuhkan. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu untuk menjalin relasi yang baik dengan orang-orang yang bekerja sama denganmu. Jika sudah terbangun relasi yang baik, maka setiap hal akan lebih nyaman untuk dibicarakan. Seperti jika terjadi kesalahan pada pekerjaan, dengan komunikasi yang baik, kamu dapat dengan cepat dan tepat menjelaskan hal apa yang harus disesuaikan kembali. Kamu juga akan dengan mudah membuat orang-orang mengerti standar kerja yang kamu inginkan. Dengan segala hal yang dapat dilakukan dengan lebih cepat, tentunya juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang lebih efektif.

Baca juga: Tanda-Tanda Perusahaan Bangkrut, Baca Ini

4. Jangan Coba Multitasking

Menjadi seorang multitasking memang terkesan hebat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan hanya akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Kalaupun pekerjaan bisa selesai pada waktunya, hasilnya pasti tidak akan optimal. Sekadar info, ketika seseorang dipaksa melakukan multitasking, maka otak akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Kelelahan otak akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengalami stres. Selain itu, kemampuan menyimpan memori terutama short time memory akan menurun.

5. Membuat perencanaan

Mengapa perencaan sangat penting untuk manajemen waktu yang lebih efektif? Perencanaan akan mempermudah kamu menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kamu kerjakan. Dengan adanya perencanaan, kamu tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus kamu lakukan setelah menyelesaikan sebuah tugas. Sebuah perencanaan mungkin tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Maka dari itu, kamu harus selalu memiliki rencana cadangan. Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika apa yang kamu rencakanan mengalami kendala, kemampuan fokus dan manajemen stres akan sangat berguna untukmu.

6. Jagalah kesehatan

Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan semua pekerjaan akan terselesai. Terapkan gaya hidup sehat dan sesekali berolahraga walaupun sesibuk apapun aktivitas yang Anda jalani harus tetap sehat.

Manajemen waktu akan lebih mudah dilakukan jika Anda menerapkan tips di atas. Ingatlah, bahwa waktu tak akan dapat diulang sehingga Anda harus memanfaatkan waktu yang Anda miliki sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan dengan jelas sehingga Anda tahu untuk apa waktu Anda digunakan.

Itulah beberapa artikel tentang tips sukses memanajemen waktu saat bekerja. Semoga artike ini bermanfaat. Terima Kasih

Baca juga: Awas ! Tanda Perusahaan Tidak Sehat, Selengkpanya


Editor: Bagus -

     

Komentar