icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 5 Peran Logistik Bagi Perusahaan
Siker.id | 06 Sep 2022 16:14


Bagikan ke
Peran logistik dalam perusahaan (siker)

siker.id – Pastinya kalian pernah mendengar istilah logistik dalam konteks perusahaan bisnis. Logistik memang menjadi salah satu bagian penting bagi perusahaan khususnya perusahaan yang dalam lalu lintas bisnisnya melakukan pengiriman sebagai sarana untuk mengirimkan produk kepada para pelanggan mereka.

Menurut para ahli seperti Burg, Burg berpendapat bahwa pengertian logistik adalah suatu integrasi dalam hal pengadaan, transportasi, manajemen persediaan, serta kegiatan pergudangan yang menyediakan atau atau metode berbiaya yang efektif dalam memenuhi keperluan konsumen, baik itu dalam internal maupun eksternal.

Lantas, apa saja peran logistik dalam sebuah perusahaan? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik

Perpindahan Produk Secara Efisien

Peran pertama logistik yakni, membantu perpindahan produk secara efisien. Sistem logistik yang baik terbukti mampu menciptakan proses suplai produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dalam kondisi yang tepat dan biaya yang lebih bersahabat agar pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

Ekonomis

Sistem logistik yang ekonomis dan efisien adalah aset yang wajib dipelihara dan dijaga oleh pihak perusahaan. Bila perusahaan mampu menyediakan produk ke pelanggan secara cepat dan biaya yang rendah, maka perusahaan akan mampu meningkatkan pangsa pasar yang lebih banyak daripada kompetitor yang tidak mempunyai sistem logistik yang buruk.

Berorientasi Pada Pemasaran

Logistik juga mempunyai peranan yang penting dalam memuaskan pelanggan, untuk itu tim logistik memiliki peran yang penting dalam upaya pemasaran. Selain itu, logistik juga memiliki kunci yang penting untuk mencapai profit atau keuntungan untuk perusahaan.

Baca Juga: 5 Proses SCM Perusahaan untuk Kamu Ketahui!

Optimasi Rute

Dengan adanya sistem logistik, pengirim barang dimudahkan untuk memanfaatkan konfigurasi rute dan tur yang paling efisien. Sebelumnya, bisnis sering memiliki masalah dengan kurangnya wawasan tentang bagaimana perubahan rute pengiriman dapat mempengaruhi hasil mereka, sistem logistik menawarkan tingkat kepastian baru ketika memilih jalur yang optimal.

Memberikan Nilai Tambah

Peran selanjutnya ialah dapat memberikan nilai tambah. Pihak perusahaan harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga bisa mendapatkan konsumen yang sangat setia pada produknya. Sistem logistik yang bagus ini akan mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam hal utilitas tempat dan waktu.

Nah, itu tadi 5 Peran Logistik Bagi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Jenis Pekerjaan Hasilkan Barang, Jasa dan Bisnis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar
Pencarian