4 Jenis Pekerjaan Hasilkan Barang, Jasa dan Bisnis
Siker.id | 21 Apr 2022 13:00


Bagikan ke
Jenis pekerjaan hasilkan barang, jasa dan bisnis (siker)

siker.id - Sebelum kamu langsung terjun ke dunia kerja, kamu perlu tahu dan memahami bahwa terdapat banyak jenis pekerjaan yang saat ini bisa kamu pilih. Dilansir dari situs Kemdikbud, pekerjaan adalah jenis perbuatan atau kegiatan untuk memperoleh imbalan atau upah. Jenis pekerjaan tersebut pada umumnya menghasilkan suatu barang, jasa, dan bisnis. Nah, sebelum kamu bisa benar-benar memilih jenis pekerjaan mana yang cocok untukmu, ada baiknya kamu mencari tahu beberapa contoh jenis pekerjaan di bawah ini!

Baca juga: 3 Pekerjaan Unik ini Cuma Ada di Indonesia

Karyawan atau pegawai

Selain TNI atau Polri, jenis pekerjaan selanjutnya yang menghasilkan jasa adalah karyawan atau pegawai. Jenis pekerjaan ini adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk mengisi peran pada berbagai bidang atau industri, misalnya di perusahaan swasta atau pemerintahan. Karyawan atau pegawai dibutuhkan sesuai bidang keahlian yang menjadi fokusnya.

Guru

Guru juga termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Bersumber dari UU No. 14 Tahun 2005, guru diartikan sebagai tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Peternak

Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang yang selanjutnya adalah peternak. Peternak adalah seseorang mengembangbiakkan hewan ternak untuk dijual kembali seperti kambing, sapi, ayam, kelinci, sapi, dan itik. Hewan ternak tersebut dirawat hingga menghasilkan daging, telur, susu, atau kulit yang dijual di pasaran.

Baca juga: 3 Aplikasi yang Membantu Pekerjaan Desain Grafis

Akuntan

Salah satu jenis pekerjaan dalam bidang bisnis pertama adalah akuntan. Akuntan adalah julukan atau gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Pekerjaan ini dibutuhkan di perusahaan maupun pemerintahan. Tanggung jawab akuntan adalah pada laporan dan analisis keuangan di perusahaan.

Sekian artikel tentang jenis pekerjaan yang hasilkan barang,jasa dan bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menemukan Pekerjaan Sesuai Impian


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar