Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Jadi Manajer Produksi? Kuasai 3 Hal Ini!
Siker.id | 14 Dec 2022 15:20


Bagikan ke
Manajer produksi (siker)

siker.id – Bila kamu saat ini masih bekerja menjadi seorang manajer produksi, kamu bisa meniti karier menjadi seorang manajer produksi, sobat.

Seorang manajer produksi ini nantinya bertugas untuk memimpin aktivitas produksi suatu perusahaan.

Lingkup pekerjaannya meliputi, perencanaan kegiatan produksi, pengoperasian sistem produksi, pengawasan proses produksi, hingga pengelolaan sumber daya manusianya.

Menjadi seorang manajer produksi ini juga tidak mudah, lho.

Kamu memerlukan beberapa pengetahuan tertentu untuk menjadi seorang manajer produksi.

Nah, kira-kira apa saja pengetahuan yang diperlukan seorang manajer produksi itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Begini 3 Kualifikasi Wajib Seorang Manajer Risiko!

Pengetahuan yang Diperlukan Seorang Manajer Produksi

Berikut beberapa pengetahuan yang diperlukan seorang manajer produksi dilansir dari laman rencanamu:

1. Produksi dan pengolahan

Pengetahuan pertama yang perlu dikuasai seorang manajer produksi adalah mengenai wawasan produksi beserta pengolahannya itu sendiri.

Sebagai seorang manajer produksi, kamu harus mampu mengetahui bagaimana proses produksi dan juga metode-metode yang digunakan.

Beberapa pengetahuan yang perlu kamu kuasai diantaranya adalah pengetahuan mengenai bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Hal ini penting untuk dikuasai mengingat proses produksi menjadi bagian fundamental dalam memproduksi suatu produk perusahaan.

2. Administrasi dan manajemen

Hal selanjutnya yang juga perlu dikuasai seorang manajer produksi ialah pengetahuan mengenai administrasi dan manajemen.

Sudah menjadi kewajibannya untuk menguasai hal ini karena kegiatan produksi juga tidak akan jauh dari aktivitas pengadministrasian dan tata kelola manajemen di dalamnya.

Untuk itu, kamu perlu menguasai beberapa hal seperti, prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, hingga koordinasi antara orang dan sumber daya.

Baca Juga: Pahami 3 Softskill Manajer di Era Digital Ini!

3. Personil dan sumber daya manusia

Pengetahuan terakhir yang wajib dimiliki seorang manajer produksi adalah pemahaman mengenai personil dan sumber daya manusianya.

Ya, seorang manajer produksi harus mampu mengatur sumber daya manusia secara baik.

Pasalnya, sumber daya manusia ini akan berpengaruh terhadap kinerja dan hasil produksi nantinya.

Bila seorang manajer produksi tidak mampu mengelola hal ini, produktivitas sektor produksi perusaahaan juga tidak akan mampu berjalan dengan baik.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin meniti karier sebagai seorang manajer produksi, ada baiknya kamu menguasai beberapa pengetahuan seperti, prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Hal ini nantinya akan berguna ketika kamu memimpin dan mengarahkan bawahanmu, sobat.

Nah, itu tadi artikel mengenai manajer produksi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 4 Tips Menjadi Seorang Manajer Artis!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar