Kenali 4 Fungsi Ekonomi Manajerial Ini!
Siker.id | 18 Aug 2022 15:30


Bagikan ke
Fungsi ekonomi manajerial (siker)

siker.id – Dalam pengambilan keputusan, perusahaan membutuhkan suatu cara atau metode yang nantinya dapat berguna bagi perusahaan. Salah satu metode atau cara yang digunakan adalah ekonomi manajerial. Apa itu ekonomi manajerial?

Dikutip dari situs web accurate.co.id, ekonomi manajerial adalah ilmu dan seni yang menggabungkan teori ekonomi dan teknik pengambilan keputusan. Ilmu ini bermanfaat agar sebuah organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Wawasan tentang hal ini juga dapat menjadi strategi yang bagus dalam menjalankan bisnis agar perusahaan dapat mengatur dan mengelola sumber daya yang terbatas tetapi mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

Nah, apa saja fungsi yang ada dalam ekonomi manajerial ini? Yuk, simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Metode Evaluasi

Fungsi ini dapat digunakan sebagai sebuah evaluasi untuk mengubah aturan bisnis lama menjadi aturan bisnis baru, dan hal ini sangat berguna ketika pemimpin sebuah perusahaan berganti.

Mempermudah Penyelesaian Masalah

Fungsi selanjutnya adalah untuk membantu pemimpin memecahkan berbagai masalah. Dengan memperbaharui ekosistem bisnis, tentunya akan membuat perusahaan menemukan berbagai permasalahan yang terjadi.

Baca Juga: Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi

Mengelola Keuangan

Ekonomi manajerial juga dapat berfungsi untuk mengelola keuangan agar perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan menganalisis bagian yang menunjang profit dan sebaliknya. Hal ini bertujuan agar perusahaan terhindar dari kebangkrutan.

Menganalisis Lingkungan Industri

Ilmu ini juga dapat berfungsi sebagai analisis lingkungan industri, lingkungan perusahaan, dan kondisi ekonomi. Analisis kondisi ini perlu dilakukan untuk memantau kondisi pemasok, konsumen, dan keberadaan pesaing. Hasil analisis selanjutnya dapat digunakan untuk menunjang keputusan yang diambil guna meningkatkan profit perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Fungsi Ekonomi Manajerial yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian