icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi
Siker.id | 19 Nov 2021 10:00


Bagikan ke
Sesuai dengan tujuan dari Pendidikan Ekonomi yang mencetak tenaga pendidik di bidang ekonomi, prospek karir yang paling banyak direkomendasikan adalah guru atau dosen. (siker)

siker.id - Berbeda dengan jurusan Ekonomi yang favorit di universitas, sebagian besar lulusan SMA/SMK masih ragu memilih jurusan Pendidikan Ekonomi. Sesuai dengan tujuan dari Pendidikan Ekonomi yang mencetak tenaga pendidik di bidang Ekonomi, prospek karir yang paling banyak direkomendasikan adalah guru atau dosen. Namun, pekerjaan untuk jurusan Pendidikan Ekonomi telah berkembang luas sehingga Kamu tidak perlu khawatir dengan masa depan. Berikut peluang kerja yang perlu Anda ketahui dari lulusan Pendidikan ekonomi:

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Luar Biasa?

1. Ekonom

Prospek kerja pertama adalah ekonom. Tugas ekonom adalah Melakukan penelitian, menyiapkan laporan, dan merumuskan rencana untuk mengatasi masalah ekonomi yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang dan jasa atau kebijakan moneter dan fiskal. Dapat juga mengumpulkan dan mengolah data ekonomi dan statistik dengan menggunakan teknik sampling dan metode ekonometrik.

2. Guru Ekonomi

Sesuai dengan mata kuliah yang lebih fokus pada dunia pendidikan, Kamu bisa menjadi guru mata pelajaran Ekonomi di bangku SMP dan SMA.

3. Konsultan Keuangan

Tidak hanya lulusan Ekonomi saja yang bisa menjadi konsultan keuangan, lulusan Pendidikan ekonomi bisa memiliki profesi yang sama. Anda wajib memiliki memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, berpikir kritis dan logis, serta analitis agar bisa menyelesaikan permasalahan klien sebaik mungkin.

4. Asuransi

Berkarir sebagai agen asuransi yang kredibel, kenapa tidak? Anda bisa bergabung dengan perusahaan asuransi yang memiliki legalitas terpercaya.

5. Pegawai Perbankan

Bekerja di lembaga perbankan adalah pekerjaan untuk Jurusan Pendidikan Ekonomi yang bisa Kamu pertimbangkan setelah lulus S1. Gaji pegawai bank mencapai angka jutaan atau diatas UMR, lho!

Baca juga: Berikut 10 Peluang Kerja Bagi Lulusan PAUD

6. PNS

Lulusan Pendidikan Ekonomi bisa melamar pekerjaan sebagai PNS sesuai dengan kebijakan dan ketentuan pemerintah.

7. Juru Taksir

Prospek selanjutnya adalah juru taksir. Tugas dari juru taksir ini adalah Menentukan kewajiban pajak dan nilai properti, menggunakan metode seperti pemeriksaan lapangan, pengukuran struktur, perhitungan, analisis penjualan, studi tren pasar, pendapatan dan analisis beban biaya. Memeriksa properti, mempertimbangkan faktor-faktor seperti nilai pasar, lokasi, dan bangunan atau penggantian biaya untuk menentukan nilai appraisal.

8. Analis Managemen Bisnis

Untuk prospek selanjutnya adalah analis managemen bisnis. Menganalisa suatu perusahaan/organisasi dalam hal prosedur dan desain sistem operasional serta sistem lainnya. Profesi ini biasanya bertanggung jawab secara spesifik kepada bagian/divisi/program tertentu. Tujuan dari seorang analis bisnis adalah mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. Analisa program, konsultasi manajemen dan analis bisnis juga termasuk pekerjaan seorang analis manajemen.

9. Wirausaha

Terjun langsung ke dunia bisnis dengan mengaplikasikan ilmu yang Kamu pelajari di bangku kuliah bisa menjadi pilihan karir Kamu. Mata kuliah kewirausahaan, manajemen, akuntansi, administrasi perkantoran, dan lain-lain bisa menjadi bekal Kamu dalam mengoperasikan usaha kelak.

10. Manajemen

Manajemen merupakan mata kuliah di jurusan yang bisa memberikan bekal Kamu untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga keuangan lain. Kamu tetap punya potensi bekerja sebagai bagian dari tim HRD, keuangan atau divisi lain.

11. Tenaga Kependidikan

Fokus jurusan Pendidikan Ekonomi memang lebih tertuju pada Kependidikan bukan Ekonomi sehingga Kamu bisa menjadi tentor atau tenaga pengajar. Jika melanjutkan pendidikan lebih tinggi, Kamu punya peluang menjadi dosen sesuai disiplin ilmu yang sama.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan Pendidikan ekonomi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Administrasi Pendidikan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar