icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?
Siker.id | 09 Nov 2021 21:15


Bagikan ke
Peluang kerja lulusan ekonomi manajemen ternyata banyak juga. (siker)

siker.id - Anda kuliah jurusan manajemen? Tapi, masih bingung apa aja prospek kerja dan karir dari seorang lulusan manajemen? Ilmu Manajemen merupakan proses mencapai tujuan antara lain proses pengarahan, perencanaan, pengorganisasian, dan pengelandalian dalam semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Manajemen membahas metode atau cara dalam penanganan tanggung jawab suatu perusahaan atau organisasi. Seorang lulusan manajemen bisa bekerja di berbagai bidang dan sektor. Berikut ini merupakan daftar prospek kerja dari seorang lulusan manajemen:

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

1. Tenaga Pendidik atau Dosen

Jika Anda tertarik di dunia pendidikan dan memiliki minat untuk mengajar, prospek kerja ini tentu bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa menjadi seorang dosen program studi Manajemen. Namun, setidaknya kamu perlu mengambil program Magister Manajemen.

2. Manajer SDM

Seorang lulusan Manajemen, tentu memiliki kapasitas untuk mengelola sumber daya manusia (SDM). Kalau berminat, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjadi seorang manajer SDM yang mengelola para tenaga kerja di suatu perusahaan.

3. Manajer Keuangan

Jika Anda mengambil peminatan manajemen keuangan, menjadi manajer keuangan merupakan salah satu pekerjaan yang cocok. Di pekerjaan ini, Anda akan menangani kelancaran pemasukan dan pengeluaran keuangan serta membuat laporan administrasi keuangan.

4. Rekruter

Jurusan manajemen tak hanya belajar soal uang dan pasar. Beberapa universitas sudah punya program peminatan manajemen SDM. Nah, di peminatan ini, Anda bisa belajar dunia human resource, termasuk perekrutan.

5. Staf HRD

Rekruter hanya salah satu prospek kerja manajemen SDM. Selain itu, mereka juga bisa menjadi staf HRD. Jika rekruter fokus pada pencarian SDM baru, lain halnya dengan staf HRD. HRD fokus pada employee relations, pelatihan, dan penggajian. Akan tetapi, ada juga yang menangani perekrutan. Semua tergantung kebijakan perusahaan.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?

6. Staf Operasional

Selain pemasaran, keuangan, dan SDM, ada juga peminatan manajemen operasional. Minat ini fokus pada produksi barang, jasa, hingga sistem. Anda yang memilih minat ini bisa menjadi staf operasional. Mereka bertugas memastikan faktor produksi tidak terbuang percuma. Dengan begitu, barang atau jasa bisa dihasilkan dengan maksimal.

7. Business Development

Bagi Anda lulusan manajemen, profesi Business Development sangat bisa dicoba. Sebagian besar job desc dalam prospek kerja manajemen bisnis ini berhubungan dengan pengembangan usaha sebuah perusahaan, bisa dari sisi internal maupun pihak eksternal. Beberapa perusahaan di Tanah Air belakangan ini banyak yang membuka lowongan tersebut dengan syarat bisa berasal dari segala program studi, termasuk jurusan manajemen.

8. Marketing

Meski tak memiliki keahlian khusus yang dipelajari oleh lulusan marketing, tapi Anda tetap bisa mencoba bekerja di posisi tersebut. Marketing sedikit banyak mengurusi tentang pengembangan lini usaha perusahaan serta meningkatkan brand awareness korporasi di mata masyarakat guna menggunakan produknya.

9. Bagian Pemasaran (Sales)

Jika kamu membuka situs lowongan pekerjaan, pasti mayoritas loker berisi posisi sales. Tak perlu heran, karena sales merupakan ujung tombak perusahaan dalam mencari keuntungan. Bila Anda sukses dan selalu mencapai target yang dicanangkan oleh atasan, ada kemungkinan akan naik jabatan dengan cepat.

10. Manajemen Trainee

Prospek kerja manajemen terakhir adalah Management Trainee (MT) atau disebut juga manajemen pendidikan. Satu dekade terakhir ini prospek kerja manajemen pendidikan memang banyak dicari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Secara umum Anda akan mengikuti masa proses pelatihan sekaligus kerja selama satu hingga dua tahun dengan status karyawan kontrak. Selama periode tersebut Anda akan diposisikan di beberapa divisi, setelah itu akan diadakan evaluasi dan dinilai posisi apa yang cocok dengan kemampuan Anda.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan manajemen. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar