Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan
Siker.id | 11 Mar 2022 20:00


Bagikan ke
Prospek kerja ekonomi pembangunan. (siker)

siker.id - Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan selalu terbuka dengan lebar. Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu program studi yang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia karena prospek kerja cukup luas.

Kuliah jurusan ekonomi pembangunan kamu akan mengkaji berbagai macam soal dari pembangunan tersebut mulai dari sektor bisnis dan keuangan. Jika kamu tertarik untuk mempelajari ekonomi pembangunan maka akan belajar tentang analisa berbagai macam perekonomian dan menemukan solusi tersebut.

Mahasiswa ekonomi pembangunan akan disiapkan untuk menjadi seorang perencana di bidang pembangunan ekonomi, yang akan berperan untuk melakukan pembangunan negara dan memiliki kontribusi menciptakan kesejahteraan.

Menjadi sarjana lulusan ekonomi pembangunan di Indonesia, kamu akan memiliki kemampuan untuk menganalisa, bisa berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan untuk menggunakan logika dan matematika dasar, bisa melakukan penelitian dan masih banyak kemampuan lainnya.

Dengan kemampuan tersebut semakin besar peluang untuk diterima kerja pada berbagai macam bidang, seperti berikut:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Market analyst

Market analyst atau analis pasar adalah salah satu karir yang sangat cocok untuk jurusan ekonomi pembangunan. Seorang analis pasar akan memiliki tanggung jawab untuk menilai preferensi konsumen bagi sebuah organisasi sehingga mampu memutuskan strategi pemasaran produk atau layanannya.

Tidak hanya itu, tetapi tanggung jawab dari pekerjaan ini juga bisa mengumpulkan data, melakukan analisis data, mempresentasikan data, bahkan memberikan rekomendasi pembuatan strategi yang tepat untuk perusahaan

Menjadi dosen

Apakah kamu memiliki cita-cita menjadi seorang pengajar tetapi lulus dari jurusan ekonomi pembangunan? Tidak masalah sebab kamu bisa mencoba untuk menjadi dosen. Lulusan ekonomi pembangunan juga bisa mendapatkan andil dalam bidang pendidikan.

Sampai saat ini profesi menjadi seorang dosen masih memiliki minat cukup tinggi di Indonesia. Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin menjadi dosen jurusan ekonomi pembangunan maka selesaikan jenjang pendidikan S2 terlebih dahulu.

Selain itu kamu juga harus memiliki pengetahuan mengenai ekonomi yang lebih luas. Ada beberapa skill lain yang dibutuhkan misalnya seperti melakukan riset dan menulis hasil dalam jurnal, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, dan bisa menyampaikan ilmu dengan metode yang tepat.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Menjadi peneliti

Tertarik menjadi seorang peneliti? Hal ini juga bisa dilakukan oleh lulusan ekonomi pembangunan. Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan menjadi seorang peneliti memang jarang. Kamu bisa mencoba untuk bekerja sebagai peneliti di lembaga riset pemerintahan maupun swasta, dengan latar belakang ilmu ekonomi dan pembangunan.

Ketika menjadi seorang peneliti kamu akan memiliki tugas utama untuk melakukan riset dan mencari rekomendasi kebijakan dari sebuah lembaga maupun perusahaan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Administrasi Negara


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar