Ini Dia 4 Jobdesc Staff HRD!
Siker.id | 06 Jul 2022 13:00


Bagikan ke
Jobdesc HRD (Siker)

siker.id - HRD atau Human Resources Development adalah suatu bidang pekerjaan yang memiliki peranan vital dalam perusahaan. Kamu pasti tidak asing dong ketika melamar pekerjaan dan mengikuti tahapan seleksi seperti, psikotest, forum group discussion, dan wawancara dengan rekruter dari perusahaan yang kamu lamar. Nah, hal tersebut tergolong dalam jobdesc HRD nih, sobat siker. Kira-kira apa lagi ya tugas lain dari bidang HRD? Yuk, simak contoh-contohnya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Cara Balas Email Undangan Interview Dari HRD

1. Perencanaan Kebutuhan SDM Perusahaan

Hal ini merupakan fungsi pertama dari HRD. Biasanya, fungsi ini dijalankan sebelum perusahaan melakukan pencarian karyawan. Menurut Digital HR Tech, fungsi ini merupakan tentang mengetahui kebutuhan perusahaan di masa depan. Orang seperti apa yang dibutuhkan organisasi, dan berapa banyak? Mengetahui hal ini akan membentuk seleksi, recruitment, manajemen kinerja, pembelajaran dan pengembangan, dan semua tugas HRD lainnya.

2. Perekrutan Karyawan

Tugas HRD perusahaan seperti yang sudah diketahui adalah mencari calon karyawan yang berpotensi dan sesuai dengan kualifikasi supaya dapat ditempatkan pada posisi yang telah ditentukan.

Untuk proses seleksi ini biasanya dilihat dari CV calon karyawan, tes tertulis hingga interview. Seseorang dalam pekerjaan HRD harus dapat menganalisis apakah calon tersebut benar – benar memiliki kompetensi yang dibutuhkan perusahaan atau tidak sehingga perusahaan memiliki karyawan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Resume Menarik HRD Perusahaan

3. Pengembangan dan Pelatihan

Hal tersebut membantu karyawan untuk mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan baik secara hardskill maupun softskill. Fungsi dari human resource development ini juga menjembatani kesenjangan antara pekerja saat ini dan pekerja yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Program pengembangan dan pelatihan karyawan biasanya dibuat berdasarkan hasil dari evaluasi kinerja. Namun, pada beberapa perusahaan, terdapat sebuah program yang dikhususkan untuk pengembangan dan pelatihan karyawan yang dilaksanakan secara berkala.

4. Kompensasi dan Perlindungan Karyawan

Fungsi HRD adalah perpanjangan tangan perusahaan untuk memberikan kompensasi dan perlindungan pada karyawan. Kompensasi merupakan upah atau imbalan atas kontribusi kerja karyawan yang diberikan secara berkala dari perusahaan.

Pemberian kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal agar tidak menimbulkan masalah ketenagakerjaan atau kerugian yang tidak diinginkan oleh perusahaan.

Nah, itu dia tadi 4 Jobdesc Staff HRD yang dapat kamu terapkan ya, jangan lupa share jika dirasa bermanfaat dan komen di bawah jika kamu ingin memberikan opinimu, sobat siker!

Baca Juga: 3 Pertanyaan Interview HRD yang Menjebak


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian