Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kerja Tidak Sesuai Jobdesk? Lakukan 4 Hal Ini
Siker.id | 21 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Mendapat tugas pekerjaan diluar jobdesk pastinya pernah dirasakan setiap karyawan. Hal seperti ini sebenernya normal terjadi di dunia kerja, karena bisa memperluas skill dan menambah networking serta mendapatkan penilaian yang baik dari manajemen. Namun, beberapa situasi menerima pekerjaan diluar jobdesk terkadang bisa menjadi beban.

Apalagi jika pekerjaan tambahan diluar jobdesk itu membuatmu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab utama kamu. Lalu bagaimana yang harus kita lakukan ketika menerima pekerjaan tambahan diluar jobdesk? Simak beberapa hal berikut ini.

Baca juga : 4 Tips Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

1. Evaluasi situasi, selaraskan task dengan goals-mu

Ada employee yang ingin daya tawar mereka meningkat untuk mendapatkan kenaikan gaji ataupun promosi. Ada juga yang bersedia mengerjakannya karena ingin mengasah skill baru. Pastikan bahwa pekerjaan tambahan yang kamu sanggupi memiliki manfaat untukmu, ya.

2. Meminta bantuan rekan kerja

Ketika tugas tambahan cukup sulit untuk diselesaikan, kamu bisa bertanya atau meminta bantuan kepada rekan kerjamu. Solusi ini juga bisa membantu kamu ketika menghadapi situasi di mana jobdesc utama tidak dapat terselesaikan karena adanya tugas tambahan.

Carilah rekan kerja yang benar-benar mahir untuk membantu menyelesaikan tugas tambahan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa meminta sarannya agar tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Baca juga : 3 Alasan Merasa Asing di Tempat Kerja

3. Ajukan jabatan kerja yang baru

Saat tugas tambahan menjadi sesuatu yang wajib untuk diselesaikan secara reguler, kamu bisa memilih opsi untuk mengajukan perubahan jabatan kerja dan jobdesc pada supervisor atau manager. Boleh dikatakan, hal semacam ini sebenarnya hampir sama dengan pengajuan promosi atau kenaikan gaji.

Namun, hasil dari pengajuan seperti ini akan sangat bergantung dengan keputusan dari manajemen. Apabila pengajuan perubahan title kerja tidak disetujui, kamu setidaknya masih bisa memasukkan tugas tambahan yang menjadi kewajiban reguler itu pada kolom jobdesc di CV atau resume kamu nantinya.

4.  Tingkatkan kompensasimu

Kalau kamu bersedia untuk mengerjakan tugas ekstra, sangat pantas rasanya apabila atasan mengganjarnya dengan kompensasi tambahan. Yang perlu dicatat, keputusan pemberian kompensasi ini akan sangat bergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Kompensasi boleh jadi berupa upah lembur atau upah ekstra. Namun, kompensasi bisa juga berbentuk dalam asuransi, dana pensiun, ataupun saham perusahaan.

Itulah dia beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika mendapat pekerjaan tambahan diluar jobdesk kamu, selain itu tetap melakukan follow up ke atasanmu ya terkait pekerjaan tambahan yang diberikan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Hadapi Diskriminasi di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar