3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian
Siker.id | 23 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Cara menulis jurnal harian (siker)

siker.id - Menjalani hari yang baik tidak melulu bersibuk-sibuk ria dan terbebas dari aktivitas rebahan. Selama kita mampu menumbuhkan rutinitas yang sehat artinya pemahaman terhadap konsep produktif berhasil kita raih. Sebab, kadang-kadang masih banyak yang keliru membedakan antara menjadi sibuk atau produktif. Padahal keduanya jelas-jelas berbeda. Bagi kamu yang mendambakan kehidupan yang produktif, ada beragam upaya menyenangkan untuk menyusun keseharian menjadi lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan membudayakan menulis jurnal setiap hari. Berikut ini tipsnya!

Baca juga: 4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis

Sediakan waktu khusus saat menulis jurnal

Membangun konsistensi menulis jurnal dapat ditumbuhkan melalui penyediaan waktu khusus. Kamu bisa memulainya saat pagi hari, menuliskan berbagai kegiatan dan target yang harus dirampungkan seharian penuh. Kemudian saat malam hari sediakan ritual evaluasi to do list yang dilakukan sebelum tidur. Merawat kebiasaan yang baik ini dapat membantu kamu terlatih untuk bertanggung jawab menyelesaikan target dan meminimalisir kebiasaan menunda pekerjaan. Berbeda halnya ketika kamu tak punya waktu khusus untuk menulis jurnal, bisa saja berujung pengabaian karena terlalu sering disepelekan dan tersalip dengan agenda penting lainnya.

Mencari teman yang hobi menulis jurnal

Saat kebosanan melanda, hal yang pertama dicari adalah support system. Kamu perlu menemukan orang-orang yang punya rutinitas menulis jurnal harian agar dapat berbagi inspirasi untuk terus konsisten melakukannya. Kehadiran teman satu frekuensi ini juga dapat menjadi ruang bercerita mengenai hal baik yang signifikan berubah ketika mereka memulai membiasakan menulis daily planner. Tak hanya itu, kamu juga bisa saling mentransfer energi positif dan memberi kiat-kiat ketika rasa jenuh mulai terjadi.

Baca juga: 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

Kemaslah jurnal harianmu dengan kreatif

Aktivitas menulis jurnal harian adalah ruang mengaktualisasi semangat berkarya. Kamu bebas menuangkan tulisan, desain gaya apa saja, memilih warna kesukaan, dan aksesoris yang perlu dihadirkan untuk menghiasi catatan harian. Pilihan-pilihan itu dapat kamu ganti per minggu, per bulan, bahkan per tahun sesuai keinginan. Kreatifitas adalah bagian dari proses konsistensi mencapai hidup produktif yang mudah dinikmati, sehingga stimulasi itu mampu menumbuhkan semangatmu berkali-kali.

Sekian artikel tentang cara produktif menulis jurnal harian. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat dari Melakukan Hobi Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar