Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis
Siker.id | 21 Apr 2022 07:00


Bagikan ke
Fungsi page layout (siker)

siker.id - Page layout atau tata letak halaman merupakan pengaturan yang mengacu pada teks, gambar, dan objek lain pada suatu halaman. Page layout mulanya digunakan pada bidang desktop publishing, dan kemudian digunakan dalam menggambarkan tata letak halaman situs. Tak hanya itu, page layout dalam ranah media cetak juga digunakan untuk mengatur kesesuaian tampilan majalah, surat kabar, buku, dan berbagai jenis publikasi cetak lainnya. Secara umum, page layout mencakup keseluruhan elemen halaman seperti margin, blok teks, gambaran, kisi, dan template, serta seluruh posisi objek pada halaman. Lalu apa saja fungsi dari page layout ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

Menentukan tampilan cetak

Salah satu fungsi penting dari page layout adalah untuk mengatur output cetak dari suatu dokumen. Dengan mengatur page layout, kamu dapat menentukan bentuk cetakan dokumen seperti apa yang akan kamu peroleh, baik portrait maupun landscape. Bentuk dan format cetak ini amat penting bagi dokumen publikasi atau dokumen-dokumen dengan aturan tata letak khusus seperti paper, artikel ilmiah, skripsi, dan lain sebagainya.

Mengatur paragraf

Page layout juga berfungsi untuk mengatur paragraf atau hasil ketikan seperti cara memberi alinea kanan atau kiri, spasi atas-bawah dan kiri-kanan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur penempatan gambar beserta text box pada paragraf untuk menyisipkan berbagai macam bentuk gambar, peta, maupun diagram.

Mengatur tema dan warna

Pada Microsoft Word atau aplikasi pembuat dokumen lain terdapat opsi atau sub menu themes dan color. Dua sub menu ini merupakan bagian dari page layout yang berfungsi sebagai pengubah tampilan atau tema dokumen serta mengatur pilihan warna di dokumen. Selain mengubah tema dan warna, page layout juga dapat membantu kamu untuk memilih ukuran huruf, fonts, dan efek tertentu pada dokumen.

Baca juga: 3 Manfaat dari Melakukan Hobi Menulis

Mengatur margin halaman

Umumnya, page layout digunakan untuk mengatur margin halaman sesuai ketentuan yang diberlakukan di suatu institusi. Pengaturan margin ini ada di Microsoft Word maupun Microsoft Excel. Pengaturan margin ini berfungsi untuk menata dan mengubah ukuran tepi halaman yang umumnya disesuaikan dengan pilihan standar maupun custom.

Sekian artikel tentang manfaat page layout dalam dunia menulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar