icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini 5 Tipe Atasan Yang Disukai Karyawan
Siker.id | 28 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Menjadi seorang pemimpin memang kita berhak untuk mengatur karyawan kita, namun juga tidak boleh seenaknya sendiri. Menjadi seorang pemimpin pun juga sebuah keberuntungan bagi kita, baik itu atasan, kepala divisi, atau bahkan pemilik perusahaan.

Hubungan antara atasan dan karyawan pun juga harus berjalan dengan harmonis, agar pekerjaan menjadi lancar. Selain itu, kita juga harus berusaha menjadi atasan yang bisa disukai oleh karyawan kita.

Nah, berikut ini adalah tipe atasan yang disukai oleh karyawan.

Baca juga : 3 Sikap Atasan yang Memberi Dampak pada Perusahaan

1. Memberi Arahan Dengan Baik

Seorang atasan sudah sewajarnya memiliki tipe pemahaman yang lebih baik mengenai pekerjaan dibanding karyawannya. Ia pula yang tahu apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh para pekerja di bawah kepemimpinannya.

Oleh sebab itu, pemimpin yang baik akan memberikan arahan kepada karyawannya. Hal ini sangat penting agar karyawannya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang ia harapkan.

2. Menegur Dengan Cara yang Baik

Wajar jika seorang pekerja melakukan sebuah kesalahan. Tugas atasan atau pemimpin untuk memberikan teguran. Namun, memberi teguran juga ada tata caranya. Kalau dilakukan sembarangan, bukannya memberi dampak positif, justru dapat membuat pegawai kita sakit hati.

Jangan berikan teguran di hadapan banyak orang agar karyawan yang ditegur tidak malu dan mau menerima teguran dan kritikan kita dengan baik. Dengan demikian, besar kemungkinan ia akan mau berbenah diri dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

3. Berikan Apresiasi atas Kinerja yang Dicapai

Jika ada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik wajib kita beri apresiasi. Apresiasi itu sendiri banyak bentuknya, tinggal kita sesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika ada budget yang cukup, bisa berikan apresiasi dengan memberi bonus, atau dengan memberikan fasilitas yang lebih baik. Bila tidak ada alokasi dana untuk itu, setidaknya ucapkan terimakasih atas kerja yang sudah dilakukan. 

Baca juga : Tips Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja Baru

4. Mau Menerima Pendapat

Memang seorang atasan bisa jadi memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dibanding karyawannya. Namun, pendapat karyawan juga harus didengar. Bisa jadi pendapat tersebut sangat penting untuk kemajuan bersama.

Tipe atasan yang tidak mau menerima pendapat cenderung tidak disukai oleh para karyawannya. Hal tersebut dikarenakan karyawan akan merasa pemimpinnya bertindak otoriter.

5. Menghargai karyawan

Hubungan atasan dan karyawan adalah hubungan yang saling membutuhkan. Oleh sebab itu, bukan berarti dengan menjadi atasan, kita tidak menghargai karyawan kita. Justru kita harus menghargai karyawan kita.

Bentuk penghargaan tersebut dapat diwujudkan dengan tidak memaki-maki, tidak mempermalukan, serta memberi kesempatan karyawan untuk berpendapat.

Demikian artikel ini menjelaskan tentang beberapa tipe atasan yang bisa membuat karyawannya menyukai atau menghormati atasannya. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar