5 Ciri-Ciri Karyawan Yang Melakukan FRAUD
Siker.id | 21 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Fraud atau kecurangan adalah kasus yang sering terjadi dalam perusahaan namun sulit dideteksi. Kecurangan ini bisa berbentuk kecurangan penggajian (payroll fraud) seperti pembayaran gaji yang berlebihan, penggelapan dana (skimming schemes) biasanya untuk kepentingan pribadi, serta kecurangan penjualan dan pembelian dalam pencatatan buku besar (sales & purchase ledger fraud) seperti tindakan menambah atau mengurangi pendapatan dan pengeluaran.

Sebagian besar pelaku fraud dalam perusahaan adalah pegawai yang seringkali merupakan orang kepercayaan atau orang terdekat. Jika lengah sedikit saja, uang perusahaan bisa habis digunakan tanpa menghasilkan keuntungan yang berarti.

Berikut ini merupakan ciri-ciri pelaku fraud yang mudah dikenali.

Baca juga : 3 Ciri Karyawan yang Dapat Promosi Jabatan

1. Memiliki posisi tinggi atau memegang bagian finansial

Orang yang melakukan kecurangan biasanya memiliki jabatan tinggi atau memegang posisi dalam departemen keuangan. Karena terlalu dipercaya dan jarang dikontrol, mereka dapat mengubah laporan keuangan tanpa sepengetahuan Anda.

2. Sering bekerja lembur

Jangan terlalu senang jika Anda memiliki pegawai yang suka bekerja lembur dan jarang mengambil cuti. Bukan karena Anda harus membayar uang lembur atau menaikkan gaji, tetapi kecurangan perusahaan yang dilakukan oleh pegawai seringkali dilakukan pada malam hari ketika Anda sedang beristirahat agar tidak ada yang melihat.

Baca juga : 3 Ciri Tempat Kerja yang Disukai Banyak Orang

3. Suka bekerja sendiri

Berhati-hatilah jika Anda memiliki pegawai yang suka bekerja sendiri. Biasanya pegawai yang memiliki ruangan atau tempat kerja pribadi lebih rentan untuk melakukan kecurangan. Anda dapat menilai pegawai Anda saat Anda menghampiri atau melakukan inspeksi mendadak terhadap pekerjaan mereka. Jika mereka terlihat tidak nyaman atau tegang, maka mungkin ada sesuatu yang disembunyikan.

4. Gaya hidup mewah

Tidak mudah bagi seorang pegawai untuk memiliki mobil atau barang mewah lainnya. Jadi, jika Anda melihat perubahan gaya hidup pada pegawai Anda hanya dalam waktu beberapa bulan, saatnya bagi Anda untuk melakukan penyelidikan, khususnya pada kondisi keuangan perusahaan.

5. Memiliki kesulitan ekonomi

Jangan berpikir bahwa semua pelaku fraud adalah orang jahat. Orang baik sekalipun dapat merusak kepercayaan atasannya demi kebutuhan keluarga atau hal penting lainnya.

Demikian ciri-ciri karyawan yang melakukan fraud, semoga dapat membantu Anda dan juga bisa mengingatkan kepada pegawai Anda untuk menjauhi aktivitas ilegal ini.

Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar