Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi
Siker.id | 04 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Meningkatkan rekrutmen perusahaan di era teknologi. (siker)

siker.id - Sudah bukan rahasia umum lagi bila proses rekrutmen, termasuk rekrutmen untuk bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut mencakup iklan, kegiatan campaign offline, gaji untuk karyawan baru, serta sistem untuk mengawasi jumlah pelamar.

Tentu saja ini terasa berat bagi perusahaan kecil atau perekrut tunggal. Sebanyak 86 persen perusahaan sulit mendapatkan kandidat yang berkualitas di bidang teknologi. Namun, bukan berarti tidak ada solusi untuk persoalan ini. Coba langkah-langkah ini untuk memaksimalkan rekrutmen perusahaan di bidang teknologi!

Baca juga: Bagaimana HRD Hadapi Tantangan saat Pandemi?

Miliki akun media sosial khusus perusahaan

Media sosial bukan hal baru bagi para pencari kerja. Oleh karena itu, pastikan perusahaan Anda memiliki halaman khusus di beberapa medsos. Masukkan konten yang menarik minat target audiens Anda di bidang teknologi. Anda bisa memulai dengan membuat akun perusahaan di Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiganya merupakan medsos yang popular.

Buat akun di situs database perusahaan

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam mencari informasi mengenai suatu perusahaan sebelum mengirim lamaran? Apakah Anda mendapatkan informasi tersebut dari situs-situs yang menyediakan ulasan mengenai perusahaan-perusahaan? Buatlah hal serupa untuk memperkenalkan nama perusahaan Anda dengan luas. Sejumlah situs termasuk Glassdoor, The Muse, dan CareerBliss bisa menjadi pilihan. Beri informasi yang relevan, yang menyangkut latar belakang, tujuan, visi, serta misi perusahaan.

Baca juga: Tips agar CV Dilirik HRD

Gunakan metode Boolean

Boolean menjadi strategi pencarian kandidat yang penting bagi industri teknologi. Dengan Boolean, Anda bisa mempersingkat proses pencarian kandidat berkualitas yang sesuai dengan lowongan. Anda dapat memasukkan kata kunci, topik, bahasa, dan deskripsi lain untuk mensortir kandidat.

Buat nama perusahaan mudah ditemukan mesin pencari

Tempatkanlah nama perusahaan sedemikian rupa sehingga mudah dicari kandidat melalui mesin pencari. Anda harus ingat hal yang satu ini: search engine optimization (SEO) sifatnya dinamis. Pastikan para kandidat mendapatkan informasi yang menarik mengenai perusahaan Anda, hingga akhirnya tertarik untuk bergabung.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan rekrutmen perusahaan di era teknologi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Jenis Software yang Membantu Tugas HRD


Editor: Theo Adi -

     

Komentar