icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana HRD Hadapi Tantangan saat Pandemi?
Siker.id | 02 Feb 2022 13:45


Bagikan ke
Cara hrd hadapi tantangan selama pandemi. (siker)

siker.id - Pandemi Covid-19 telah menghadirkan problematik mulai dari masalah mental, fisik, dan keuangan yang serius kepada siapapun. Perusahaan harus punya strategi baru, terutama tim HRD untuk memastikan karyawan mereka tetap aman sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan semestinya. Jika bicara penyesuaian terhadap cara kerja, hampir semua bidang terpaksa melakukan adjustment terhadap pekerjaannya di era New Normal ini. Termasuk juga bidang HRD. HRD tidak lepas dari rutinitas, dan kehadirannya sangat penting di sebuah organisasi.

Tugas HRD, seperti dikatakan sebelumnya ada yang bersifat rutin dan administratif. Apa saja tugas-tugas tersebut? Contohnya rekrutmen, manajemen kehadiran dan cuti, payroll, personnel administration, pengembangan dan pelatihan karyawan, dan sebagainya. Tugas-tugas HRD di atas biasanya membutuhkan proses tatap muka langsung dan sangat menyita waktu. Namun, pandemi telah mengubah banyak aspek tersebut. Ketika New Normal, tentu saja esensi pekerjaan di atas tidak berubah. Yang berubah adalah cara eksekusinya. Ketika pandemi, banyak hal yang harus disesuaikan, salah satunya HRD harus mengubah cara kerja dari offline ke online.

Berikut ini beberapa tips agar tim hrd dapat menghadapi tantangan saat pandemi:

Baca juga: Tips agar CV Dilirik HRD

Dapat mendukung dengan sistem cloud

Cloud base system dianggap sebagai jalan keluar untuk mengelola berbagai data dan informasi dari jarak jauh. Jika dibandingkan dengan model on-premise, tentu cloud base system dapat menjawab kebutuhan di mana saja dan kapan saja. Tidak terkecuali pengelolaan data dan informasi divisi Human Resource. Jika sistem yang dipakai sebelumnya masih manual atau on-premise, maka ini waktu yang tepat untuk menyesuaikan diri dan menggunakan model cloud system.

Mengelola pekerja dengan remote working

Mengelola karyawan yang remote working menjadi poin penyesuaian krusial di masa New Normal ini. Beberapa karyawan diharuskan untuk bekerja dari rumah. HRD akan membutuhkan teknologi GPS yang akurat untuk mengelola kehadiran karyawan. HRD juga perlu memikirkan, bagaimana cara mengelola produktivitas karyawan dari jarak jauh.

Baca juga: 5 Jenis Software yang Membantu Tugas HRD

Pekerja diharuskan mempriotaskan kepercayaan kepada hrd

Banyak perusahaan kini telah beralih ke kerja jarak jauh dan sayangnya ini bukan karena pilihan tetapi perubahan yang membuat mau tak mau sistem jarak jauh ini harus diadopsi. Kepercayaan adalah elemen penting untuk menjalan WFH. Beberapa teknik dapat meningkatkan kepercayaan lintas departemen. Meeting harian dapat dijadwalkan di mana manajer mendiskusikan prioritas kerja per hari untuk tim dan menanyakan kepada karyawan jika ada hambatan yang mencegah pelaksanaan pekerjaan mereka.

Sekian artikel tentang bagaimana hrd menghadapi tantangan saat pandemi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Inilah Contoh Surat Peringatan SP1, HRD Harus Tahu!


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar