Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak 6 Prospek Kerja bagi Lulusan Teknik Lingkungan
Siker.id | 18 Oct 2023 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi Lulusan Teknik Lingkungan (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Dalam era modern seperti sekarang, tantangan terbesar yang dihadapi oleh hampir seluruh bagian dunia adalah masalah lingkungan. Hal ini terjadi sebagai dampak perubahan iklim yang ekstrem, meningkatnya polusi udara dan air, serta penurunan sumber daya alam yang kemudian menjadi sorotan masalah global. Selain itu, masifnya pembangunan pabrik-pabrik dan gedung pencakar langit membuat banyak lahan hijau yang turut dikorbankan. Efeknya, daerah resapan air menjadi berkurang, meningkatnya pemanasan global, dan ketidakseimbangan alam.

Dalam konteks ini, peran para ahli dalam bidang teknik lingkungan menjadi semakin penting juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan. Hal ini membuat para lulusan teknik lingkungan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Bidang ini tidak hanya memberikan peluang berkarir yang baik, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam melestarikan bumi kita. Mereka adalah pionir dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi teknis yang berkelanjutan untuk permasalahan lingkungan.

Baca juga: Ini Dia 7 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Elektro

Lalu, apa saja prospek kerja bagi lulusan teknik lingkungan? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Konsultan Lingkungan

Lulusan teknik lingkungan dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan. Pekerjaan ini membantu perusahaan dan pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan strategi keberlanjutan, pengelolaan limbah, pemulihan lahan tercemar, juga pemantauan kualitas udara dan air. Peran pekerjaan teknik lingkungan ini sangat penting untuk memastikan pelaku usaha dan lembaga lainnya dapat mematuhi peraturan lingkungan yang telah ditetapkan.

2. Pengelolaan Air dan Limbah

Mengelola sumber daya air dan limbah juga berkaitan dengan prospek kerja bagi lulusan teknik lingkungan. Mereka bertanggung jawab  untuk mengoptimalkan penggunaan air, merancang sistem pengolahan air limbah yang efisien, dan mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem air. Kualitas air yang baik ini menjadi aspek yang penting, terutama di daerah yang mengalami krisis pasokan air bersih.

3. Energi Terbarukan

Dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim, lulusan teknik lingkungan dapat terlibat dalam pengembangan dan implementasi energi terbarukan (renewable energy). Energi terbarukan ini yaitu meliputi sumber energi yang berasal dari alam dan dapat diperbarui secara terus menerus. Contohnya yaitu panel surya, turbin angin, dan teknologi bioenergi. Lulusan teknik lingkungan dapat bekerja di perusahaan energi terbarukan, lembaga penelitian, ataupun pemerintah untuk menciptakan solusi berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan energi di negara ini.

Baca juga: Ini Dia 6 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Kimia

4. Manajemen Risiko Lingkungan

Dalam dunia bisnis yang kompleks, manajemen risiko lingkungan menjadi aspek yang penting. Lulusan teknik lingkungan dapat bekerja sebagai analis risiko untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengurangi potensi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan bisnis atau industri. Mereka dapat membantu perusahaan untuk mencegah potensi sanksi hukum dan kerusakan reputasi akibat efek buruk usaha terhadap lingkungan.

5. Edukator dan Peneliti

Lulusan teknik lingkungan juga dapat menjadi pendidik dan peneliti di perguruan tinggi, lembaga penelitian, atau lembaga lingkungan. Dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan, mereka dapat berkontribusi untuk memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam dan menjaga lingkungan.

6. Pegawai Pemerintah dan Regulasi

Tak hanya bekerja di sektor usaha atau industri saja, banyak juga lulusan teknik lingkungan yang bekerja di sektor pemerintahan, terutama di bagian badan lingkungan. Mereka berperan penting dalam merancang dan mengawasi kebijakan lingkungan. Selain itu mereka juga memiliki tanggung jawab untuk mengontrol perizinan, juga memastikan perusahaan dan masyarakat mematuhi peraturan lingkungan yang berlaku.

Lulusan teknik lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan melestarikan bumi ini. Prospek karier mereka sangat menjanjikan karena meningkatnya kesadaran akan isu-isu lingkungan dan kebutuhan akan solusi yang berkelanjutan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, mereka dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan lingkungan global. Bagi orang yang peduli pada masa depan bumi kita, teknik lingkungan dapat menjadi pilihan bidang yang menjanjikan untuk memulai karir yang bermakna.

Demikian pembahasan mengenai prospek kerja bagi para lulusan teknik lingkungan. Semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan baru. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Ini Dia 5 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Mesin


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar