Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Perbedaan Remote Working dan Working From Home (WFH)
Siker.id | 24 Jul 2023 13:00


Bagikan ke
ilustrasi wfh vs remote working (siker / doc.freepik)

siker.id - Remote working dan work from home (WFH) adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh atau di luar kantor. Meskipun terkadang istilah ini digunakan secara bergantian, namun sebenarnya ada perbedaan antara keduanya.

Berikut adalah perbedaan antara remote working dan WFH:

Remote Working
• Remote working adalah istilah yang mengacu pada pengertian pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh atau di luar kantor.
• Kerja remote juga sering disamakan dengan Work From Anywhere (WFA) karena bisa dikerjakan dimana saja seperti coworking space, coffee shop, atau bahkan di rumah saja.
• Remote working memberikan fleksibilitas waktu bagi para karyawannya sehingga mereka bisa mengatur manajemen waktu secara lebih leluasa.
• Remote working bisa dilakukan oleh orang yang bekerja dari rumah, orang yang bekerja dari coworking space atau kafe, orang yang bekerja dari jarak jauh, tetapi dengan jadwal yang fleksibel, dan orang yang bekerja dari jarak jauh, dan juga datang ke kantor dari waktu ke waktu

Work From Home (WFH)
• WFH merupakan salah satu bentuk remote working.
• WFH adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan yang mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah selama beberapa hari dalam satu minggu.
• WFH dapat digunakan untuk sekedar mengganti suasana dari suasana kantor atau menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan lebih terfokus.
• WFH adalah situasi sementara, sedangkan remote job adalah kerja jarak jauh

Perbedaan Remote Working dan WFH
Berikut adalah perbedaan antara remote working dan WFH:

1. Lingkup Kerja
Remote working mencakup pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh atau di luar kantor, sedangkan WFH hanya mencakup pekerjaan yang dilakukan dari rumah

2. Fleksibilitas
Remote working memberikan fleksibilitas waktu bagi para karyawannya sehingga mereka bisa mengatur manajemen waktu secara lebih leluasa. Sedangkan WFH hanya mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah selama beberapa hari dalam satu minggu

3. Durasi
Remote working bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang, sedangkan WFH adalah situasi sementara

4. Lokasi
Remote working bisa dilakukan dimana saja seperti coworking space, coffee shop, atau bahkan di rumah saja. Sedangkan WFH hanya dilakukan dari rumah

5. Jenis Pekerjaan
Remote working mencakup berbagai jenis pekerjaan, sedangkan WFH hanya mencakup pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah

Meskipun terdapat perbedaan antara remote working dan WFH, namun keduanya sama-sama memberikan fleksibilitas bagi karyawan dalam mengatur waktu dan tempat kerja. Kedua istilah ini juga semakin populer di masa pandemi COVID-19, di mana banyak perusahaan yang menerapkan aturan WFH atau remote working untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian