Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Remote Working? Kuasai Dulu 5 Skill Ini
Siker.id | 13 Oct 2023 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi Remote Working (siker.id/dok. Freepik)

siker.id – Sejak pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun lalu, tatanan kehidupan mengalami perubahan, tak terkecuali di dunia kerja. Situasi pandemi membuat semua orang harus menjaga jarak satu sama lain agar tidak terjangkit virus dan menularkannya ke orang lain. Melihat kondisi tersebut, beberapa tempat kerja kemudian memanfaatkan teknologi untuk menerapkan sistem remote working atau bekerja dari jarak jauh.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan remote working? Apa saja skill yang diperlukan agar dapat melakukan pekerjaan secara remote tersebut? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca juga: Perbedaan Remote Working dan Working From Home (WFH)

Apa itu Remote Working?

Melansir dari IDN Times, remote working adalah bekerja dari jarak jauh sehingga tidak harus hadir secara fisik di tempat kerja atau kantor. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan dari rumah (work from home), kafe, co-working space, atau bekerja dari mana saja (work from anywhere). Perusahaan yang mengadopsi model kerja remote atau jarak jauh memiliki kantor yang hanya digunakan saat ada rapat penting atau pekerjaan yang diperlukan untuk hadir di kantor.

Sistem kerja jarak jauh ini biasanya didukung oleh penggunaan teknologi internet dan alat pendukung kerja seperti aplikasi konferensi video, e-mail, sosial media, ataupun aplikasi pesan agar dapat menjalin komunikasi antar rekan kerja secara virtual. Selain itu, para pekerja juga harus menguasai aplikasi penunjang pekerjaan dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Terkadang juga perusahaan menetapkan kebijakan hybrid working yaitu penggabungan antara bekerja di kantor dan di luar kantor. Pekerja yang mengikuti sistem kerja ini dapat memilih bekerja dari jarak jauh ataupun hadir di kantor dengan jadwal tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan, sehingga kebijakan ini bersifat fleksibel.

Baca juga: WFO, WFH, WFA, Hybrid, Remote? Apa bedanya?

Skill Remote Working

Bekerja dari jarak jauh berarti harus menyesuaikan kemampuan diri dan mempelajari sistem kerja baru yang menunjang pekerjaan. Tak hanya itu, kamu juga harus mengetahui seluk beluk bidang pekerjaan yang memungkinkan untuk dikerjakan secara remote.

Lalu, apa saja skill yang harus dikuasai jika ingin melakukan remote working? Berikut penjelasannya.

1. Disiplin dan Kemampuan Manajemen Waktu

Skill penting yang harus dimiliki jika ingin bekerja secara remote, yaitu sifat disiplin dan kemampuan memanajemen waktu yang baik. Bekerja secara jauh berarti siap menghadapi tantangan interaksi dan komunikasi dalam pekerjaan. Berbeda dengan berkomunikasi secara langsung, remote working biasanya membuat respon yang didapatkan lebih lambat karena terhambat jarak dan waktu.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki kemampuan mengatur waktu dan terbiasa bekerja secara mandiri agar tidak terkendala saat melakukan kerja dari jarak jauh. Kamu harus bisa mengatur jadwal kerja, mencari solusi permasalahan sendiri, fokus dengan pekerjaan yang akan diselesaikan, menghindari proscastination, dan mampu menyeimbangkan antara pekerjaan juga urusan pribadi.

2. Komunikasi yang Efektif

Kemampuan komunikasi yang baik adalah faktor penting dalam melakukan remote working. Saat bekerja dari jarak jauh, biasanya komunikasi dilakukan melalui fitur chat, panggilan video, telepon, atau aplikasi kolaborasi online lainnya. Hal ini membutuhkan skill dan strategi sendiri karena berbeda dengan berkomunikasi secara langsung.

Ada baiknya memiliki kemampuan komunikasi yang efektif dan juga koneksi jaringan internet yang stabil sehingga interaksi dalam pekerjaan dapat berlangsung lancar tanpa hambatan. Sampaikan informasi secara jelas dan tepat waktu. Apabila melakukan komunikasi tertulis, sesuaikanlah dengan bahasa yang biasa digunakan secara virtual dengan tetap sopan dan sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baik.

3. Tech Savvy

Tech savvy alias melek teknologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang teknologi modern dan dapat memanfaatkannya untuk tujuan tertentu. Bekerja secara remote tentunya harus beradaptasi dan menguasai teknologi yang digunakan dalam melakukan pekerjaan.

Pekerja remote harus memiliki pemahaman tentang alat dan aplikasi yang biasa digunakan, seperti aplikasi konferensi video seperti Zoom atau Microsoft Teams, alat manajemen proyek seperti Trello atau Asana, dan alat kolaborasi seperti Google Workspace atau Microsoft Office 365. Hal ini bermaksud agar proses kerja dapat berlangsung lancar dan efektif serta mampu mencapai target yang telah ditentukan.

4. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Remote working memungkinkan seseorang untuk masuk ke dalam suatu bidang yang sangat luas dan berubah dengan cepat. Sikap fleksibel dalam bekerja jarak jauh sangat dibutuhkan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Tak hanya itu, bisa jadi kamu akan bekerja dengan anggota tim yang tidak hanya berasal dari negeri yang sama atau memiliki latar belakang yang berbeda. Perbedaan bahasa, budaya, pola pikir, dan cara kerja mungkin menjadi tantangan sendiri untuk dihadapi. Oleh karena itu, memiliki kemampuan beradaptasi juga akan membantu untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang dinamis.

5. Kemampuan Kolaborasi Jarak Jauh

Kamu harus memiliki kemampuan untuk berkolaborasi yang baik dan bersikap proaktif meskipun bekerja dari jarak yang jauh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengutarakan opini, berkontribusi dalam ide-ide kreatif, membantu mencari solusi atas permasalahan, dan juga menjalin kerja sama dengan orang-orang yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya.

Dengan menguasai keterampilan-keterampilan di atas, maka kamu akan dapat menjalani remote working dan bekerja secara fleksibel sesuai dengan keinginan. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pekerjaan remote working ini tidak untuk semua orang. Pertimbangkan kembali tentang preferensi pribadi, tujuan karier, dan gaya kerja yang diinginkan sebelum memutuskan untuk bekerja secara remote.
 

Demikian pembahasan mengenai skill yang wajib dikuasai untuk menyukseskan pekerjaan remote working. Semoga dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Cobalah 4 Jenis Pekerjaan secara Remote Ini!


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar
Pencarian