Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Memilih Pakaian Saat Kerja
Siker.id | 27 Nov 2021 12:30


Bagikan ke
Memilih pakaian buat kerja sangat penting apalagi bagi Anda yang merupakan pegawai baru. (siker)

siker.id - Bagi orang yang baru pertama kali masuk kerja, penting untuk memahami tips yang tepat dalam memilih pakaian kerja yang ingin digunakan pada hari pertama. Meski terdengar sepele, baju adalah salah satu atribut yang dapat mencerminkan diri seseorang. Banyak orang kebingungan harus memakai baju seperti apa supaya dapat memberikan kesan bagus di hari pertama kerja. Memangnya, seberapa penting, sih, penampilan kita di hari pertama kerja? Lalu, bagaimana tips untuk memilih baju kerja di hari pertama? Untuk mengatasi kegusaran Anda, di bawah ini tips dalam memilihnya.

Baca juga: Bagaimana Caranya Mempertahankan Motivasi Kerja?

1. Hindari Celana Berbahan Denim

Celana berbahan denim atau yang dikenal dengan jeans memang nyaman dikenakan dan modis di segala suasana, kecuali interview. Jangan pernah datang dengan mengenakan celana seperti ini. Meski Anda bekerja di industri kreatif atau media, pastikan memberikan tampilan yang terbaik.

2. Kenakan Kemeja

Kemeja merupakan pakaian formal yang bisa dipakai saat interview maupun kerja. Pilihan kemeja ada beragam. Anda bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra. Bukalah kancing atas kemeja. Ini memberi kesan sederhana, tetapi tetap formal. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, dan terkesan seksi.

3. Riset Gaya Berpakaian Perusahaan

Disarankan untuk melakukan riset perusahaan terlebih dahulu agar Anda mudah memutuskan untuk memakai baju apa di hari pertama kerja. Langkah ini dapat Anda lakukan saat menjalani interview kerja. Cari tahu, seperti apa pakaian yang lazim digunakan dalam perusahaan tersebut. Ketahui apakah celana jeans, chinos, atau bahkan celana bahan yang lazim digunakan.

4. Sesuaikan Warna Baju dan Celana

Tips selanjutnya dalam memilih baju kerja di hari pertama adalah sesuaikan warna baju dan celana. Pastikan keduanya terlihat matching saat dilihat oleh orang lain. Jangan lupa untuk memilih baju dan celana yang rapi. Setrika baju dan celanamu terlebih dahulu jika terlihat kusut.

Baca juga: Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !

4. Perhatikan Motif Pakaian

Hindari motif pakaian yang terlalu berkesan meriah. Motif-motif pakaian seperti bunga, binatang, dan abstrak bisa mendistraksi pewawancara. Jadi, pilihlah motif pakaian yang lebih sederhana, seperti motif garis atau bahkan tidak bermotif sama sekali.

5. Perhatikan Warna Pakaian

Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa warna yang sebaiknya Anda gunakan saat wawancara. Karena ada yang namanya psikologi warna. Berikut ini adalah beberapa warna dan kesan tidak langsung yang diberikan.

• Biru: Memberikan kesan percaya diri, kejujuran, kesetiaan, stabil, dan kredibilitas.

• Hitam: Merepresentasikan kekuatan dan kepemimpinan.

• Abu-abu: Memberikan kesan profesionalisme, kurang mengintimidasi daripada hitam.

• Cokelat: Memberikan kesan percaya diri, dapat diandalkan, dan fleksibel.

6. Pilih Baju Dengan Ukuran yang Pas

Jangan mengenakan baju dengan ukuran yang lebih kecil dari tubuh Anda. Sebab, itu akan membuat penampilan Anda berantakan di hari pertama kerja. Jika pakaian Anda sudah tidak muat semua, segera pergi berbelanja terlebih dahulu.

Sekian artikel tentang tips gaya berpakaian saat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk ! Tingkatkan Motivasi Kerja dengan Cara Ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar