Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Sukses Menjadi Negosiator Ulung!
Siker.id | 30 Aug 2022 15:22


Bagikan ke
Tips sukses menjadi negosiator ulung (siker)

siker.id – Melakukan negosiasi dengan beberapa pihak merupakan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan bisnis. Dalam menggaet calon konsumen maupun klien baru, perusahaan membutuhkan orang yang mampu “dealing” sekaligus menjadi juru bicara perusahaan agar perusahaan mampu memperoleh benefit dari bisnis yang dilakukan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan seorang negosiator yang handal.

Lalu, bagaimana caranya menjadi seorang negosiator yang handal? Begini tips nya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 3 Tujuan Negosiasi Ini!

Kuasai Keterampilan Komunikasi

Tips pertama yang bisa kamu gunakan agar menjadi seorang negosiator handal adalah menguasai komunikasi. Kemampuan komunikasi yang perlu dikuasai adalah komunikasi verbal dan non-verbal. Seorang negosiator yang baik harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Pasalnya, jika komunikasi kurang jelas, bisa menimbulkan kesalahpahaman yang dapat merubah situasi negosiasi.

Pahami Gaya Negosiasi Pihak Lawan

Tips kedua adalah memahami gaya negosiasi pihak lawan. Proses dan hasil dari negosiasi tentunya akan ditentukan oleh kedua belah pihak. Maka dari itu, kamu harus pintar dalam mempelajari karakteristik pihak lawan.

Kenali sifat dan tipenya, apakah pihak lawan termasuk ke dalam tipe yang to the point dan tidak suka negosiasi terlalu panjang, atau termasuk ke dalam tipe yang banyak akal atau hard player. Dari hal itu kamu dapat menyesuaikan gaya negosiasi yang akan digunakan.

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji

Gunakan Pertanyaan Terbuka dan Netral

Tips ketiga adalah menggunakan pertanyaan terbuka dan netral. Saat bernegosiasi, gunakanlah pertanyaan yang bersifat terbuka. Misalnya, hindari pertanyaan seperti “Apakah itu gagasan yang bagus?” dan ganti pertanyaan dengan, “Bagaimana cara Anda menghadapi tantangan dalam kuartal kedua tahun ini?”

Jenis pertanyaan terbuka akan membuatmu lebih menentukan arah negosiasi. Rekanan negosiasimu pun tidak akan merasa dipaksa oleh alur komunikasi yang dilakukan.

Solutif dalam Menghadapi Deadlock

Tips terakhir adalah memberikan solusi ketika dalam situasi buntu. Terkadang, negosiasi tidak berjalan sesuai dengan rencana dan sulit untuk menemukan titik temu.

Perlu diingat, jangan pernah mengatakan ‘tidak’, melainkan, “Permintaan Bapak/Ibu lebih dari yang dapat kami berikan untuk saat ini.” Berikan tidak hanya satu solusi pengganti, melainkan beberapa paket menarik sehingga mereka juga akan berpikir mengenai solusi yang kamu tawarakan.

Nah, itu tadi 4 Tips Sukses Menjadi Negosiator Ulung yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut ini Pengertian dan Tahapan dari Negosiasi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar