Pahami 3 Tujuan Negosiasi Ini!
Siker.id | 04 Aug 2022 16:20


Bagikan ke
Tujuan negosiasi (siker)

siker.id – Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi sering kali digunakan. Bagaimana tidak? Ketika perusahaan melakukan kerja sama dengan pihak lain seperti, investor, pemerintah, klien atau stakeholder terkait, pastinya membutuhkan negosiasi sebagai ‘jembatan’ komunikasi untuk merealisasikan bisnis mereka.

Istilah negosiasi berasal dari bahasa Inggris yakni, kata “to negotiate” dan “to be negotiating”. Arti dari kata tersebut adalah merundingkan, membicarakan atau menawarkan. Dari kata-kata tersebut, kemudian kata negosiasi dalam bahasa Inggris memiliki kata turunan lain. Kata tersebut adalah “negotiation”.

Arti kata negotiation ialah sebuah aktivitas yang merundingkan atau membicarakan sesuatu. Pembicaraan atau perundingan tersebut dilakukan dengan pihak lain.

Negosiasi sendiri memiliki beberapa tujuan yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Lalu apa saja tujuan perusahaan melakukan negosiasi? Yuk, simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji

Mencapai Kesepakatan yang Saling Menguntungkan

Tujuan utama dalam negosiasi ialah untuk mencapai kata sepakat. Maka dari itu, dalam proses negosiasi, pihak-pihak yang melakukan negosiasi wajib untuk terbuka dalam mengutarakan pendapatnya masing-masing.

Dalam negosiasi ini, penting pula untuk legawa dalam mendengarkan dan mempelajari keinginan dari pihak-pihak yang terlibat. Sikap tersebut akan membuat proses negosiasi menjadi lebih terkendali sehingga kesepakatan bersama dapat tercapai dengan mudah.

Menyelesaikan Konflik

Pada sebuah proses negosiasi, tentunya terdapat sebuah konflik dan perbedaan. Hal tersebut adalah hal lumrah yang dapat terjadi. Justru negosiasi adalah upaya dalam penyelesaian konflik dan perbedaan. Mengurangi perbedaan dan konflik adalah salah satu tujuan dari negosiasi. Sebelum negosiasi dilakukan, pihak yang terlibat dalam negosiasi harus saling memahami posisi dari pihak lain. Cobalah untuk memahami keinginan serta permasalahan yang ingin dicapai pihak lain.

Selain itu, harus memberikan kepercayaan kepada pihak yang dapat diajak negosiasi. Hal tersebut berguna untuk meredam konflik dan perbedaan yang ada di dalam proses negosiasi. Hindari kalimat atau pembicaraan basa-basi di dalam negosiasi.

Para pihak harus memastikan jika ada perbedaan dan konflik di dalam negosiasi yang dilakukan berjalan dengan sehat. Meskipun masalah terjadi, harus tetap menjaga norma kesopanan, tidak berat sebelah saja, dan meskipun ada saling kritik tetapi tetap saling memberikan solusi satu sama lain.

Baca Juga: Berikut ini Pengertian dan Tahapan dari Negosiasi

Untuk Mencari Solusi Bersama

Bernegosiasi memang untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama. Tetapi, kesepakatan tersebut haruslah menjadi solusi yang saling menguntungkan bagi para pihak yang terkait. Itulah yang disebut dengan “win-win solution”. Maksudnya, kesepakatan bersama dan semua perbedaan sudah berada pada jalur yang sama.

Nah itu tadi 3 Tujuan Negosiasi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar
Pencarian