Berikut ini Pengertian dan Tahapan dari Negosiasi
Siker.id | 31 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Pengertian dan tahapan negosiasi. (siker)

siker.id - Salah satu cara untuk melakukan kompromi apabila kepentinganmu bersinggungan dengan orang lain ialah melakukan negosiasi. Negosiasi sendiri merupakan bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat, berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Mudahnya, pengertian negosiasi adalah sebuah bentuk komunikasi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang.

Setiap orang tentu pernah melakukan negosiasi, terutama dalam diskusi formal. Seperti yang disinggung sebelumnya, jika pengertian negosiasi adalah bentuk interaksi yang tidak bisa dipisakan dari kehidupan manusia, bahkan dari berbagai aspek, baik bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Negosiasi dilakukan dengan tujuan mendapatkan kesepakatan di antara dua belah pihak.

Nah, untuk lebih jelasnya akan dibahas pengertian negosiasi, lengkap beserta tahapan:

Baca juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

Pengertian Negosiasi

Pengertian negosiasi adalah proses diskusi yang yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Jika dilihat dari sisi Etimologis, kata negosiasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “to negotiate” dan “to be negotiating” yang artinya membicarakan, merundingkan, atau menawarkan.

Kemudian, pengertian negosisasi menurut asal katanya adalah proses diskusi strategis yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bernegosiasi.

Lalu, jika melihat secara umum pengertian negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegosiasi. Orang yang melakukan kegiatan negosiasi disebut dengan negosiator.

Tahapan Negosiasi

Ada beberapa tahap dalam negosiasi. Beberapa tahap negosiasi tersebut adalah:

1. Persiapan dan Perencanaan

Tahap pertama dalam negosiasi adalah persiapan dan perencanaan. Proses mengumpulkan data diperlukan untuk mendukung posisi negosiator.

2. Menentukan Aturan

Pada tahap ini harus menentukan garis besar dan aturan-aturan untuk melakukan proses negosiasi, siapa yang akan menjadi bagian dari negosiasi dan masalah apa yang akan dinegosiasikan.

3. Penjelasan

Pada tahap ini, tiap pihak harus mengutarakan apa yang diinginkan. Tiap pihak bisa memberi dokumentasi atau pemaparan yang jelas dan diperlukan.

Baca juga: Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar

4. Tawar-menawar dan Penyelesaian Masalah

Selanjutnya tahap tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Tahap ini bertujuan mencari solusi.

5. Penutupan dan Implementasi

Sedangkan pada tahap ini atau tahap terakhir dari proses negosiasi. Segala sesuatu diputuskan secara bersama. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

• Dokumen yang sudah disepakati.

• Meneliti kembali pon-poin utama untuk menghindari salah pengertian.

• Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan.

• Buat secara tertulis Kedua pihak harus membaca dan menandatangani dalam memperoleh kesepakatan atas apa yang dirundingkan.

Sekian artikel tentang pengertian dan tahapan negosiasi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar