Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Keuntungan Memahami Present Value
Siker.id | 27 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Karena nilai uang yang akan selalu berubah dari tahun ke tahun, maka kita perlu memahami lebih dalam tentang present value. Present value merupakan nilat saat ini dari sejumlah uang atau cash flow yang kamu miliki di masa depan nantinya, dengan tingkat pengembalian atau rate of return tertentu.

Mengutip dari Investopedia, present value menyatakan bahwa uang yang kita sekarang akan tidak sama nilainya di masa depan. Saat ingin melakukan investasi, baiknya kamu harus bisa menghitung present value atau disebut dengan PV. Saat berinvestasi tentunya kamu tidak mau rugi, dong.

Baca juga : Berikut 5 Jenis Investasi Jangka Panjang

Maka, kamu harus bisa memahami PV ini dalam memperhitungkan tingkat bunga dan kemungkinan yang diperoleh setiap investasimu. Berikut ini beberapa keuntungan kenapa memahami present value sangat penting. Simak dibawah ini.

1. Analisis bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk kamu memahami dulu apa itu cash inflow dan outflow. Nah, perhitungan PV dibutuhkan untuk memperkirakan future cash flow di level-level tertentu.

2. Konsep dasar/fundamental

Investasi seperti saham, deposito, asuransi juga membutuhkan perhitungan present value. Investasi dan merupakan kegiatan yang berisiko. Jika tidak memahaminya dengan baik, kamu bisa rugi. 

Baca juga : 5 Tips Investasi Terbaik Untuk Diri Sendiri

3. Mempersiapkan Inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi akan berpengaruh terhadap finansial kamu, perhitungan PV sudah termasuk di dalamnya melibatkan periode atau jangka waktu tertentu. 

Itulah dia beberapa keuntungan atau manfaat dari memahami present value, pastinya agar kamu tidak merasa rugi ke depannya. Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Bingung Mau Investasi? Ini Dia 4 Cara Pilih Reksa Dana


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar