Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jadi Staff HRD? Wajib Kuasai Ini
Siker.id | 19 Nov 2021 15:55


Bagikan ke

siker.id - Apakah anda sering dengar sebuah posisi pekerjaan yang memiliki posisi penting dalam merekrut karyawan baru? Nah, posisi tersebut lebih dikenal dengan panggilan Human Resources atau disingkat HR. Apakah tugas dari seorang HR hanya berhubungan dengan merekrut karyawan saja? Jawabannya, tentu saja tidak. Bahkan lebih dari sekedar mengorganisir struktur tim atau divisi dalam perusahaan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam terkait tugas dan skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Human Resources untuk dapat mengatur dan mengelola kebutuhan administrasi dan sumber daya manusia. Pekerjaan yang satu ini juga erat hubungannya dengan bidang administrasi serta ilmu psikologi.

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Sastra Jerman

Kemampuan khusus apa saja yang harus dimiliki seorang HR professional? Berikut merupakan beberapa skill wajib yang harus dikuasai.

1. Skill Komunikasi Publik dan Interpersonal yang Baik

Skill wajib HRD berikutnya adalah kemampuan berkomunikasi. Baik itu komunikasi publik maupun komunikasi interpersonal antar-karyawan. Skill yang satu ini masih berhubungan erat dengan poin sebelumnya. Karena dituntut untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan, seorang HRD dianjurkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Komunikasi publik diperlukan saat HRD diminta untuk memimpin jalannya pelatihan karyawan baru, mengadakan program gathering, dll. Sedangkan kemampuan komunikasi interpersonal hampir setiap hari harus dilakukan HRD dengan baik saat berhadapan langsung dengan karyawan atau pihak manajemen.

Kemampuan komunikasi interpersonal ini meliputi: cara pemilihan bahasa yang tepat saat menjelaskan tata aturan perusahaan, bersikap empati saat mendengarkan keluhan atau kesulitan-kesulitan yang dialami karyawan, dll.

2. Bersikap Bijaksana dan Mampu Menjaga Rahasia

Sudah tidak asing lagi jika divisi HRD menjadi tempat curhat para karyawannya. Divisi HRD juga merupakan jembatan antara karyawan dari berbagai jabatan.

Oleh sebab itu, seorang karyawan HRD harus bersikap adil, mampu menjaga rahasia perusahaan dan karyawan lainnya, dan mampu bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan yang tidak merugikan sebagian pihak. Seorang karyawan HRD juga harus mampu bersikap profesional dalam pekerjaan dengan tidak mencampurkan urusan pekerjaan dan pribadi.

3. Multitasking

Praktisi HR akan mengurusi masalah kantor hingga masalah personal para karyawan, ditambah dengan tugas lainnya seperti perekrutan, pelatihan dan sebagainya. Tanggung jawab seperti pengurusan dokumen, surat kontrak hingga urusan payroll dan BPJS pun tak bisa ditinggalkan.

Pekerjaan prioritas dan kebutuhan perusahaan juga selalu berubah setiap waktu sehingga praktisi HR yang baik harus memiliki skill untuk multitasking.

Baca juga: Berikut Prospek Kerja Lulusan Fisioterapi

4. Memiliki kemampuan untuk Memecahkan Masalah

Selanjutnya, HR juga harus memiliki pola pikir yang kritis untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang ada. Selain itu juga dapat memberikan solusi yang tepat dengan memberikan rancangan program untuk mendukung kualitas kerja serta membantu meningkatkan produktivitas bisnis menjadi lebih baik.

5. Disiplin dan Etika Baik

Praktisi HR adalah salah satu representasi sekaligus penjaga rahasia perusahaan. Pasalnya mereka memiliki tanggung jawab untuk melayani kebutuhan manajemen puncak dan memastikan bahwa karyawan bekerja serta bersikap sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Sekian artikel tentang Jadi Staff HRD? Wajib Kuasai Ini, Selengkapnya. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan PGSD, Wajib Baca Ini

 


Editor: Bagus -

     

Komentar