icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Sastra Jerman
Siker.id | 18 Nov 2021 17:00


Bagikan ke
Sastra jerman bisa jadi pilihan tepat jika Anda ingin menekuni sastra asing. (siker)

siker.id - Mempelajari sastra asing ternyata punya begitu banyak manfaatnya. Salah satunya adalah bisa memberikan Anda peluang kerja yang sangat beragam. Salah satu sastra asing yang bisa dipelajari adalah sastra jerman. Sastra jerman bisa jadi pilihan tepat jika Kamu ingin menekuni sastra asing. Berikut adalah prospek atau peluang kerja sastra Jerman yang bisa membantu memotivasimu:

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan PGSD, Wajib Baca Ini

1. Kedutaan Besar Jerman

Prospek lulusan sastra Jerman pertama adalah bekerja di Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman. Anda bisa bekerja sebagai konsulat, diplomat, atau posisi lain yang membutuhkan keahlian Anda. Dibandingkan dengan kandidat lain, tentu lulusan sastra Jerman memiliki nilai lebih. Pasalnya, semasa kuliah mereka sudah mempelajari tak hanya linguistik saja, tetapi juga sejarah dan kebudayaan Jerman.

2. Perusahaan-Perusahaan Jerman

Selain di Kedutaan Besar, prospek kerja lainnya untuk lulusan sastra Jerman adalah perusahaan-perusahaan asal negeri tersebut. Biasanya, mereka membuka lowongan untuk berbagai macam posisi, bisa jadi interpreter, admin media sosial, resepsionis di sekolah Jerman, dan lainnya. Namun, perlu diingat juga ketika melamar di perusahaan Jerman, pasti company culture-nya yang berbeda dengan perusahaan lain. Pastikan Anda sudah melakukan riset dulu sebelum apply ke perusahaan mana pun.

3. Editor

Prospek kerja selanjutnya adalah editor, baik itu sebagai editor buku maupun konten seperti artikel. Tulisan yang diedit pun tidak terbatas hanya bahasa Jerman saja, lho. Dengan ilmu sastra dan linguistik yang dipelajari semasa kuliah, Anda sudah memiliki dasar-dasar yang cukup kuat mengenai penulisan.

4. Penerjemah

Lulusan sastra Jerman sudah jelas memiliki prospek kerja sebagai penerjemah. Anda bisa menerjemahkan artikel, buku fiksi dan nonfiksi, atau bisa juga dokumen-dokumen penting seperti akta kelahiran.

Baca juga: Simak ! Peluang Kerja Lulusan Perikanan

5. Pengusaha

Jika tak ingin terikat dengan perusahaan manapun, maka cobalah untuk menjadi pengusaha. Lulusan sastra Jerman juga punya kesempatan sama untuk sukses sebagai pengusaha. Pilih jenis bisnis yang tepat dan kembangkan seoptimal mungkin agar bisa menghasilkan banyak uang. Jumlah uang yang bisa Anda dapat sangat bervariasi tergantung kemampuanmu mengembangkan bisnis.

6. Jurnalis

Peluang untuk bekerja sebagai jurnalis juga terbuka lebar bagi lulusan sastra Jerman. Kamu bisa menjadi jurnalis khusus untuk media Jerman. Bahkan peluang untuk bekerja sebagai jurnalis di Jerman juga akan terbuka lebar.

7. Tour Guide

Profesi satu ini jelas cocok sekali untuk Anda yang punya minat traveling. Bekal bahasa Jerman yang dimiliki bisa dijadikan modal untuk bekerja sebagai tour guide. Tour guide memiliki tugas memandu para turis untuk jalan-jalan. Anda bisa membantu menjadi pemandu untuk turis-turis asal Jerman. Jika ada peluang, Anda bisa bekerja sebagai tour guide di luar negeri. Anda bisa tinggal di Jerman dan memandu turis asal Indonesia yang jalan-jalan di sana.

8. Tutor

Jika Anda memang punya bakat mengajar, Anda juga bisa bekerja sebagai tutor. Saat ini kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan. Banyak orang yang memerlukan pertolongan dari jasa tutor untuk mengajar bahasa Jerman. Sebagai tutor, Anda bisa bekerja secara freelance. Tawarkan jasa tutormu lewat media sosial atau dari mulut ke mulut. Selain itu, Kamu juga bisa mencari peluang lowongan tutor yang dibuka oleh lembaga tertentu.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan sastra jerman. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Public Relations, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar