icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan Cara Ini Agar Tetap Fokus Bekerja
Siker.id | 27 Mar 2024 11:40


Bagikan ke
ilustrasi fokus(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Sering gagal fokus atau mudah teralihkan oleh hal lain saat sedang mengerjakan sesuatu? Dalam dunia yang penuh dengan gangguan dan tuntutan, menjaga fokus saat bekerja dapat menjadi tantangan yang besar. Tetapi, dengan beberapa strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan Anda. Berikut cara meningkatkan konsentrasi biar tidak gagal fokus:

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Psikotes Online Lebih Praktis untuk Pelamar

1. Istirahat yang Cukup

Saat kamu kurang tidur, otak akan kelelahan dan mengalami penurunan fungsi. Termasuk kesulitan dalam mengingat, berpikir dan berkonsentrasi. Untuk menghindarinya, pastikan kamu tidur 7-8 jam setiap malam.

2. Pusatkan Pikiran

Agar tetap fokus, hindari melakukan beberapa pekerjaan yang berat sekaligus. Ketahui sejauh apa batas tubuhmu.

3. Makan Sehat

Tahukah kamu, makanan yang kamu konsumsi memiliki pengaruh terhadap daya fokus kamu, lo? Cara meningkatkan konsentrasi, cobalah perbanyak makanan sehat seperti ikan berlemak (salmon), telur, bayam, dan bluberi. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup juga bisa membantumu untuk tetap fokus. Sebaiknya hindari makanan olahan, makanan manis, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Human Resource dan Human Capital

4. Rutin Berolahraga

Tak hanya membuat tubuh bugar, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Termasuk membuat kamu lebih fokus.

5. Minuman Berkafein

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat membantumu menghindari kantuk dan membuat lebih fokus. Sebab kandungan kafein dalam minuman ini dapat merangsang otak untuk terjaga, dan menyelesaikan masalah dengan fokus yang tinggi.

6. Dengarkan Musik yang Menenangkan

Jika perlu, putar lagu klasik atau instrumentalia agar Anda bisa menenangkan pikiran dan memfokuskan perhatian pada pekerjaan.

Dengan menerapkan tips-tips ini secara konsisten, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap fokus dan produktif saat bekerja. Ingatlah bahwa perubahan-perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari Anda dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir pekerjaan Anda.

Baca juga : Menggali Lebih Dalam Fungsi Human Resource


Editor: Safira -

     

Komentar