icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Hidup Sehat Tanpa Diabetes
Siker.id | 28 Feb 2024 11:26


Bagikan ke
Ilustrasi diabetes(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah. Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Di luar itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan atau diabetes gestasional. Melihat banyaknya kondisi berbahaya akibat diabetes, kita perlu menjaga kondisi untuk mencegah penyakit kronis ini, salah satunya dengan melakoni gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk hidup sehat dan mencegah diabetes:

Baca juga : Kenali Metode Self Healing Paling Efektif untuk Dilakukan

1. Menerapkan pola makan sehat

Menjalani pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk terhindar dari diabetes. Batasi asupan gula hanya sebesar 50 gram (4 sendok makan) setiap harinya. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

2. Olahraga Secara Rutin

Lakukan aktivitas fisik secara teratur. Berolahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih baik. Disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi setiap minggu.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Upayakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat melalui kombinasi diet seimbang dan olahraga teratur.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Penting Diketahui

4. Kelola Stres

Stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Coba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau menghabiskan waktu untuk hobi yang Anda nikmati untuk mengelola stres dengan lebih baik.

5. Melakukan pengecekan gula darah secara rutin

Untuk menilai kadar gula darah, Anda perlu melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala ke dokter. Tes gula darah penting dilakukan untuk memonitor kadar gula darah dan mendeteksi dini penyakit diabetes. Bagi Anda yang sehat dan tidak berisiko tinggi terkena diabetes, maka pemeriksaan gula darah dapat dilakukan setahun sekali.

6. Batasi Konsumsi Gula dan Makanan Olahan

Hindari minuman manis, makanan olahan, serta makanan yang mengandung banyak gula tambahan. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga : 6 Cara Marah yang Elegan. Yuk Praktikkan!


Editor: Safira -

     

Komentar