icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
7 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Penting Diketahui
Siker.id | 27 Feb 2024 11:17


Bagikan ke
Ilustrasi trauma(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Seseorang yang mengalami kejadian traumatis biasanya merasa syok, takut, sedih, dan cemas berlebihan secara berkepanjangan. Meskipun hal yang dialami serupa, reaksi tiap orang pun akan berbeda-beda ketika menghadapi kejadian traumatis. Bangkit dari trauma memang tak mudah dan butuh proses. Namun, jangan menyerah dengan keadaan.

Menghilangkan rasa trauma adalah proses yang kompleks dan seringkali membutuhkan waktu, upaya, dan dukungan yang tepat. Meskipun setiap individu mungkin memiliki pengalaman yang berbeda, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu dalam mengatasi dan mengurangi rasa trauma:

Baca juga : Tips Menghadapi Rasa Takut Mengerjakan Psikotes

1. Terapi dengan Psikolog atau Psikiater

Cara menghilangkan trauma masa lalu memang bisa berbeda-beda. Hal ini bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, jika trauma sudah menjadi post-traumatic stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Ada kalanya pemberian obat juga dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

2. Terapkan Teknik Relaksasi

Berlatih teknik relaksasi seperti meditasi, napas dalam, yoga, atau olahraga ringan dapat membantu mengurangi ketegangan fisik dan emosional, serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

3. Jaga Kesehatan Fisik

Memperhatikan kesehatan fisik juga penting dalam proses pemulihan dari trauma. Pastikan kamu tidur cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur. Kesehatan fisik yang baik dapat membantu menjaga keseimbangan emosionalmu

Baca juga : Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Arsitek

4. Temukan Kegiatan yang Menyenangkan

Lakukan kegiatan atau hobi yang kamu nikmati sebagai bentuk distraksi yang positif. Ini bisa termasuk membaca, menulis, melukis, atau bermain musik. Aktivitas yang menyenangkan dapat membantu kamu melupakan sementara rasa trauma dan menciptakan momen kesenangan.

5. Tidak menyalahkan diri sendiri

Rasa bersalah, malu, marah, kecewa, sedih, dan mengasihani diri sendiri secara berkepanjangan, justru akan menjadi penyakit bagi diri sendiri.

Menerima apa yang terjadi dapat mempermudah proses pemulihan diri dari trauma.

6. Mengalihkan Pikiran Negatif

Berikutnya, cara menghilangkan rasa trauma dan ketakutan yang perlu kamu lakukan adalah cari pengalihan dari pikiran negatif. Hal-hal negatif yang terus-menerus dipikirkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Usahakan alihkan pikiran negatif kamu. Caranya adalah menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, atau bergabung dengan suatu komunitas.

7. Fokus pada Masa Sekarang

Cara menghilangkan trauma lainnya adalah berusaha fokus pada masa kini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan kamu seterusnya.

Semakin kamu berusaha fokus pada apa yang dijalani sekarang, pikiran negatif akan semakin sulit mengontrol. Hal ini akan memberikan kebebasan pada pilihan yang kamu ambil di masa sekarang.

Baca juga : Alasan Mengonsumsi Coklat Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian