icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Diet Sehat dan Bugar Turunkan Berat Badan
Siker.id | 23 Feb 2024 10:25


Bagikan ke
Ilustrasi tips diet(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Sebelum Anda memulai diet, penting untuk mengubah pola pikir dalam menurunkan berat badan dengan cara yang tepat agar kesehatan Anda tetap terjaga. Diet yang sehat tentunya membuat Anda tetap bugar dan bebas lemas selama beraktivitas. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Baca juga : Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Bagi Tubuh

1. Makanlah Variasi Makanan

Pastikan makanan Anda terdiri dari berbagai macam jenis makanan sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

2. Porsi yang Seimbang

Perhatikan proporsi makanan yang Anda konsumsi. Usahakan untuk mengonsumsi porsi yang seimbang dari setiap kelompok makanan, termasuk karbohidrat, protein, lemak, serta buah dan sayuran.

3. Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan, seperti minuman bersoda, permen, dan makanan olahan yang mengandung gula tambahan. Lebih baik memilih makanan yang alami dan rendah gula.

4. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh dan Trans

Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pilih lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dari sumber seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

5. Perbanyak Serat

Makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca juga : 7 Aneka Kuliner Khas Lombok Menyita Perhatian Wisatawan

6. Minum Banyak Air

Pastikan untuk minum banyak air setiap hari. Air membantu menjaga tubuh terhidrasi, membantu pencernaan, dan membantu Anda merasa kenyang.

7. Pilih Sumber Protein Sehat

Pilih sumber protein sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan kedelai. Hindari sumber protein yang tinggi lemak jenuh.

8. Makanlah dengan Perlahan

Makanlah dengan perlahan dan nikmati makanan Anda. Ini membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi risiko makan berlebihan.

9. Bersikap Fleksibel

Tetaplah fleksibel dalam pola makan Anda. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Anda sesekali ingin menikmati makanan favorit yang tidak terlalu sehat. Yang penting adalah keseimbangan dan pola makan yang berkelanjutan.

10. Jaga Aktivitas Fisik

Selain dari pola makan yang sehat, penting juga untuk menjaga aktivitas fisik yang teratur. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang Anda nikmati setiap hari untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga : Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian