icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Siker.id | 21 Feb 2024 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi air putih(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Air putih adalah zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen dan merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Air putih pun baik untuk proses detoksifikasi atau pelepasan racun dalam tubuh sehingga air putih dipercaya menjadi antioksidan.

Fungsi utama air putih adalah sebagai pelepas haus dan pencegah dehidrasi. Dalam sehari, air putih yang wajib dikonsumsi adalah minimal delapan gelas. Berikut adalah beberapa manfaat utama minum air putih:

Baca juga : Melihat Makna dari Kue Keranjang dalam Tradisi Imlek

1. Menjaga Kehidratan

Air adalah komponen utama dalam tubuh manusia, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk berbagai fungsi fisiologis. Minum air putih membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang berperan dalam menjaga suhu tubuh, mengoptimalkan fungsi organ, dan mengatur tekanan darah.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kehidratan yang cukup penting untuk fungsi otak yang optimal. Minum air putih membantu menjaga fokus, konsentrasi, dan daya ingat. Bahkan dehidrasi ringan dapat mengganggu fungsi kognitif dan menyebabkan penurunan kinerja mental.

3. Membantu Pencernaan

Air berperan dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Minum air putih dapat membantu mencegah sembelit dengan menjaga konsistensi tinja, melancarkan pergerakan usus, dan mendukung fungsi saluran pencernaan secara keseluruhan.

4. Menyokong Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Kehidratan yang cukup membantu menjaga tekanan darah dalam rentang yang normal. Air juga membantu dalam sirkulasi darah yang efisien, yang penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dehidrasi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kulit Sehat

Air membantu menjaga kelembapan kulit dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. Kehidratan yang cukup dapat membantu mencegah kulit kering, iritasi, dan penuaan dini, menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

6. Membantu Pemulihan Tubuh

Minum air putih penting untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga atau sakit. Air membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat atau demam, mendukung proses penyembuhan, dan mempercepat pemulihan.

7. Membantu Pengendalian Berat Badan

Minum air putih dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori. Minum air sebelum makan dapat memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Air membantu menyaring limbah dan racun dari tubuh melalui ginjal. Kehidratan yang cukup memastikan bahwa ginjal dapat berfungsi dengan baik dalam membuang zat-zat berbahaya dari darah.

Penting untuk diingat bahwa kebutuhan akan air dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, iklim, dan kondisi kesehatan. Disarankan untuk minum air secara teratur sepanjang hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Anda


Editor: Safira -

     

Komentar
Pencarian