siKer.id- Tujuan dari susunan organisasi adalah untuk menciptakan kerangka kerja yang jelas dan efisien yang memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi. Dengan susunan organisasi yang baik, tujuan-tujuan ini dapat dicapai:
Baca juga : 7 Jenis Emosi Positif yang Dapat Diterapkan di Dunia Kerja
1. Pengaturan Tugas dan Tanggung Jawab
Susunan organisasi menetapkan tugas, tanggung jawab, dan wewenang setiap individu atau unit dalam organisasi, memastikan bahwa setiap anggota organisasi tahu apa yang diharapkan dari mereka.
2. Koordinasi dan Kolaborasi
Dengan menetapkan hubungan hierarkis dan fungsional yang jelas, susunan organisasi memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi antara berbagai bagian atau unit dalam organisasi.
3. Pengambilan Keputusan yang Efisien
Susunan organisasi membantu dalam menetapkan jalur komunikasi dan proses pengambilan keputusan yang efisien, memastikan bahwa keputusan-keputusan dapat diambil dengan tepat waktu dan oleh orang yang tepat.
Baca juga : Karakteristik Self Leadership. Berikut Penjelasannya!
4. Pengembangan Karyawan
Dengan memberikan struktur yang jelas, susunan organisasi dapat membantu dalam pengembangan karyawan, memungkinkan mereka untuk memahami jalur karier dan peluang untuk pertumbuhan.
5. Efisiensi Operasional
Susunan organisasi yang baik dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan menetapkan tugas dan tanggung jawab yang sesuai dan menghilangkan tumpang tindih atau duplikasi kerja.
6. Fleksibilitas
Meskipun susunan organisasi memberikan kerangka kerja yang jelas, itu juga harus cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan internal dan eksternal organisasi.
Baca juga : Berikut Bahaya Oversharing di Tempat Kerja