icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Bahaya Oversharing di Tempat Kerja
Siker.id | 07 Feb 2024 14:37


Bagikan ke
Ilustrasi oversharing(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Oversharing di tempat kerja dapat membawa berbagai risiko dan konsekuensi yang dapat merugikan baik bagi individu maupun organisasi. Beberapa bahaya oversharing di tempat kerja antara lain:

Baca juga : 5 Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

1. Ketidakprofesionalan

Berbagi terlalu banyak informasi pribadi atau terlibat dalam percakapan yang tidak pantas dapat menciptakan suasana yang tidak profesional di tempat kerja.

2. Pelanggaran Keamanan dan Privasi

Oversharing informasi sensitif atau rahasia perusahaan dapat mengancam keamanan dan privasi organisasi. Ini dapat menyebabkan kebocoran data atau informasi rahasia yang dapat merugikan organisasi secara finansial

3. Potensi Diskriminasi atau Pelecehan

Berbagi terlalu banyak informasi pribadi tentang diri Anda sendiri atau orang lain dapat meningkatkan risiko diskriminasi atau pelecehan di tempat kerja. dan dapat merugikan individu.

Baca juga : Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Penilaian Kinerja?

4. Gangguan Produktivitas

Percakapan yang terlalu pribadi atau tidak relevan dengan pekerjaan dapat mengganggu produktivitas dan konsentrasi di tempat kerja. Hal ini dapat menghambat kemajuan proyek-proyek penting.

5. Konflik Antar Personal

Oversharing informasi pribadi atau terlibat dalam percakapan yang kontroversial dapat memicu konflik antarpribadi di tempat kerja. Ini dapat menyebabkan ketegangan, perpecahan, atau gangguan hubungan kerja yang sehat.

6. Ketidaknyamanan atau Kekhawatiran

Oversharing informasi pribadi tentang diri Anda sendiri atau orang lain dapat menciptakan ketidaknyamanan atau kekhawatiran di antara rekan kerja. Orang mungkin merasa tidak nyaman atau terbebani dengan informasi yang dibagikan.

7. Kehilangan Profesionalisme dan Integritas

Berbagi terlalu banyak informasi pribadi atau terlibat dalam percakapan yang tidak pantas dapat merusak integritas dan profesionalisme Anda di tempat kerja. Ini dapat menimbulkan keraguan atau ketidakpercayaan terhadap kemampuan Anda.

Untuk menghindari risiko oversharing di tempat kerja, penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati informasi yang Anda bagikan dan mematuhi etika profesional yang sesuai dengan lingkungan kerja Anda.

Baca juga : Mengenal Istilah Phubbing(Phone Snubbing)


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian