icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Karakteristik Self Leadership. Berikut Penjelasannya!
Siker.id | 07 Feb 2024 16:22


Bagikan ke
Ilustrasi self leadership(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Self-leadership adalah kemampuan untuk mengelola diri sendiri dengan efektif, termasuk mengatur emosi, motivasi diri, mengatur waktu, dan mengambil tanggung jawab atas tindakan dan keputusan. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari self-leadership

Baca juga : Berikut Bahaya Oversharing di Tempat Kerja

1. Kesadaran Diri

Orang yang memiliki self-leadership yang baik memiliki kesadaran yang tinggi tentang diri mereka sendiri, termasuk kekuatan, kelemahan, nilai-nilai, dan tujuan mereka.

2. Otonomi

Self-leadership melibatkan tingkat otonomi yang tinggi, di mana individu dapat mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka sendiri.

3. Motivasi Intrinsik

Self-leadership sering kali didorong oleh motivasi intrinsik, yaitu keinginan yang berasal dari dalam diri sendiri daripada dorongan eksternal.

Baca juga : Tips Mensyukuri Pekerjaan. Praktikkan Sekarang Juga!

4. Fleksibilitas

Self-leadership melibatkan tingkat fleksibilitas yang tinggi, di mana individu mampu beradaptasi dengan perubahan, mengatasi hambatan, dan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan tantangan.

5. Disiplin Diri

Orang yang memiliki self-leadership yang kuat memiliki tingkat disiplin diri yang tinggi. Mereka dapat mengatur waktu mereka dengan efektif, tetap fokus pada tujuan mereka, dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

6. Keterampilan Pengelolaan Stres

Self-leadership melibatkan keterampilan pengelolaan stres yang baik, di mana individu dapat mengelola tekanan dan tantangan dengan tenang dan efektif.

7. Keterampilan Komunikasi

Orang yang memiliki self-leadership yang baik juga memiliki keterampilan komunikasi yang kuat.

Baca juga : 5 Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian