icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan
Siker.id | 07 Feb 2024 11:44


Bagikan ke
Ilustrasi pengambilan keputusan(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Proses pengambilan keputusan adalah inti dari setiap aktivitas manajerial dan individu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan

Baca juga : Apa itu Eustress? Berikut Penjelasannya!

1. Identifikasi Masalah atau Peluang

Langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan adalah mengidentifikasi masalah yang harus dipecahkan atau peluang yang harus dimanfaatkan. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang situasi atau kondisi yang ada.

2. Pengumpulan Informasi

Setelah masalah atau peluang diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi yang relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat. Informasi ini bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk data, laporan, pengalaman pribadi, dan saran dari orang lain.

3. Analisis dan Evaluasi

Informasi yang terkumpul kemudian dianalisis dan dievaluasi secara cermat untuk memahami implikasi dari setiap pilihan yang mungkin. Ini melibatkan penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan, risiko, konsekuensi, dan dampak dari setiap pilihan yang ada.

Baca juga : Fakta Ekstrovert yang Perlu Kamu Ketahui

4. Pemilihan Alternatif

Berdasarkan analisis dan evaluasi, langkah selanjutnya adalah memilih alternatif yang dianggap paling sesuai dengan tujuan atau kebutuhan yang ada. Ini bisa melibatkan pembobotan berbagai faktor dan pertimbangan.

5. Implementasi Keputusan

Setelah alternatif dipilih, keputusan tersebut kemudian diimplementasikan dalam tindakan nyata. Ini melibatkan perencanaan yang cermat, alokasi sumber daya, dan koordinasi berbagai aktivitas yang terlibat.

6. Evaluasi Hasil

Langkah terakhir dalam proses pengambilan keputusan adalah mengevaluasi hasil dari keputusan yang diambil. Ini melibatkan membandingkan hasil yang dicapai dengan tujuan awal, serta belajar dari pengalaman untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan di masa depan.

Baca juga : Strategi Membagi Waktu Bekerja dan Kuliah


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian