icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Tips Mencari Niche Untuk Penulis Pemula!
Siker.id | 24 Nov 2023 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi Menemukan Niche Menulis (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Menulis adalah seni yang melibatkan lebih dari sekadar kata-kata saja, setiap penulis perlu menemukan keunikan dan juga gaya penulisannya tersendiri agar tulisan dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan menentukan niche tulisan yang tepat dan sesuai dengan minat kita. Apa itu niche dalam dunia kepenulisan? Niche adalah fokus khusus dalam topik tertentu yang memungkinkan penulis untuk mendalami subjek tersebut secara mendalam.

Bagi banyak penulis, terutama penulis pemula, menemukan niche tulisan bisa menjadi kesulitan tersendiri. Tentunya karena hal ini akan berkaitan dengan minat, bakat, dan pengetahuan yang dimiliki seputar topik yang kita bawakan dalam sebuah tulisan. Penentuan niche ini sangat penting untuk menonjol di dunia kepenulisan dan berpengaruh untuk membangun audiens yang setia membaca tulisan kita. Lalu, bagaimana tips dan cara agar penulis pemula dapat menemukan niche yang menarik? Simak ulasannya sebagai berikut.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Berikut Ini Saat Menulis Artikel

1. Kenali Minat dan Passion Diri

Sebelum memilih niche, ketahui minat dan passion yang dimiliki. Apakah kamu memiliki ketertarikan khusus dalam bidang tertentu seperti teknologi, kesehatan, atau travelling? Tulislah beberapa topik yang benar-benar membuat kamu tertarik dan ingin mempelajarinya lebih dalam lagi.

Kamu juga bisa mencari topik dari kebiasaan atau hobi, seperti membaca buku, komik, menonton film atau serial favorit. Cobalah cari ide dari sana, mungkin kamu akan tertarik untuk menulis topik tentang beauty and lifestyle setelah melihat film tentang kecantikan. Bisa jadi kamu terinspirasi setelah membaca buku tentang self development dan ingin menulis hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan diri atau psikologi. Eksplorasi pengetahuan seluas-luasnya agar wawasan kita juga bertambah!

2. Eksplor Pengetahuan dan Pengalaman

Tinjau pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Terkadang, pengalaman pribadi atau latar belakang profesional bisa menjadi pondasi yang kuat untuk memilih niche tulisan. Misalnya, jika kamu memiliki pengalaman dalam pengelolaan keuangan, niche tentang finansial atau investasi bisa menjadi pilihan yang menarik. Lebih baik menulis dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman agar tulisan yang dihasilkan juga relevan dengan diri kita maupun pembaca nantinya.

3. Analisis Trend dan Permintaan Pasar

Melakukan riset tentang tren dan permintaan pasar juga penting bagi penulis yang ingin terjun ke dunia kepenulisan. Manfaatkan alat riset kata kunci atau jelajahi platform-platform media sosial untuk mengetahui topik apa yang sedang diminati dan dicari oleh banyak orang. Dengan cara ini, dapat membantu untuk memilih niche yang diminati oleh audiens.

Baca juga: Suka Menulis? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok Untukmu!

4. Pilih Niche yang Tidak Terlalu Luas atau Terlalu Sempit

Dalam dunia kepenulisan, kamu dapat menggunakan trik dengan menghindari niche yang terlalu luas karena akan sulit bersaing di dalamnya. Namun di sisi lain, apabila memilih niche yang terlalu sempit, juga akan sulit untuk mencari audiens yang berminat dengan topik tulisan tersebut.Oleh karena itu, tentukan niche yang tepat sehingga kamu dapat menjangkau audiens yang relevan namun tetap memiliki ruang untuk bereksplorasi dan bereksperimen dengan tulisan yang kamu buat.

5. Pertimbangkan Potensi Pengembangan Konten

Pikirkan juga tentang kemungkinan pengembangan konten dalam niche tersebut. Apakah terdapat banyak topik yang dapat dieksplorasi dan ditulis? Apakah kamu bisa memberikan sudut pandang unik atau solusi bagi pembaca dalam niche tersebut? Tulisan yang bagus tentunya adalah tulisan yang dapat dipahami oleh pembaca dan juga bermanfaat, sehingga kamu dapat mempertimbangkan apakah konten yang kamu tuliskan dapat memberikan impresi yang positif atau tidak.

6. Uji Coba dan Evaluasi

Setelah memilih niche, buatlah beberapa konten tulisan untuk uji coba terlebih dahulu dan lihat tanggapan dari pembaca. Tinjau statistik dan feedback yang diterima. Hal ini akan membantu kamu untuk memahami apakah niche yang dipilih cocok dan diminati oleh target audiens atau tidak.

Mencari niche menulis adalah proses yang memerlukan eksplorasi, evaluasi, dan juga kesabaran. Sebenarnya, tidak ada rumus pasti dalam memilih niche yang sempurna, namun dengan pemahaman yang mendalam tentang minat, tren, dan eksperimen konten, kita dapat menemukan niche yang tepat untuk membangun karier menulis yang diinginkan.

Demikian pembahasan tentang tips mencari niche tulisan yang semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai karier di dunia kepenulisan. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar
Pencarian