icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Inilah 6 Penyebab CV Tidak Lolos Tahapan Screening
Siker.id | 25 Oct 2023 08:00


Bagikan ke
Ilustrasi cv (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Curriculum vitae (CV) adalah dokumen yang berisi ringkasan informasi mengenai pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, serta prestasi seseorang. Dokumen ini biasanya dibuat sebagai sarana untuk melamar pekerjaan atau bergabung dengan suatu institusi atau organisasi tertentu. Dalam sebuah CV, informasi yang diharapkan meliputi data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian khusus, sertifikasi, pelatihan, serta prestasi yang telah dicapai. Format dan isi CV dapat bervariasi tergantung pada keperluan dan standar yang berlaku di suatu negara atau perusahaan. Sebuah CV yang baik harus dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai latar belakang, keterampilan, serta pengalaman kerja seseorang sehingga dapat menarik perhatian pihak yang membaca dan menilai CV tersebut. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan CV tidak lolos, antara lain:

Baca juga: Terapkan Metode ABC Ini untuk Mengelola Waktu Kerja

1. Tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan

Jika CV kamu tidak memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan, maka kemungkinan besar CV kamu tidak akan dipertimbangkan. Pastikan bahwa CV kamu menyoroti pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2. Format CV yang buruk

Format CV yang buruk seperti font yang sulit dibaca, kesalahan tata bahasa dan ejaan, atau kurangnya struktur yang jelas bisa membuat CV kamu terlihat tidak profesional. Pastikan CV kamu mudah dibaca, terstruktur dengan baik, dan bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

3. Tidak menonjolkan kelebihan

Jika CV kamu tidak menyoroti kelebihan kamu, maka kemungkinan besar CV kamu tidak akan menonjol di antara kandidat lain. Pastikan CV kamu menyoroti kelebihan dan menjelaskan bagaimana kamu dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Baca juga: Ini 6 Tips Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

4. Tidak terkait dengan perusahaan

Jika CV kamu tidak menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, maka kemungkinan besar CV kamu tidak akan dipertimbangkan. Pastikan bahwa CV kamu menunjukkan bahwa kamu memahami perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

5. Terlalu Panjang

Jika CV kamu terlalu panjang, maka kemungkinan besar pewawancara tidak akan membaca keseluruhan CV kamu. Pastikan bahwa CV kamu singkat dan padat, dengan menyoroti pengalaman dan keterampilan yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

6. Tidak menunjukkan pengalaman kerja yang cukup

Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup, maka CV kamu mungkin tidak lolos. Namun, kamu masih bisa menonjolkan keterampilan dan pengalaman lain yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, seperti pengalaman magang atau proyek sukarela.

Itu dia 6 alasan mengapa CV bisa tidak lolos screening. Jika kamu ingin meningkatkan peluang CV kamu untuk lolos screening, pastikan untuk menyesuaikan CV kamu dengan persyaratan pekerjaan, menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan menarik, dan memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Dengan perhatian ekstra pada detail-detail ini, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tahap wawancara dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ini Dia 5 Keuntungan Memiliki Rekan Kerja yang Lebih Senior


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar