Ingin Jadi Pilot? Pahami Ini Dulu!
Siker.id | 12 Oct 2022 12:45


Bagikan ke
Pilot (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik menjadi seorang pilot? Jika iya, ada baiknya kamu memahami mengenai apa itu pilot dan bagaimana saja tugas seorang pilot.

Secara umum, definisi pilot sendiri adalah seseorang yang mengemudikan kemudi pesawat. Pilot memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya sehingga tidak sembarang orang bisa memiliki lisensi.

Di dalam sekolah penerbangan, selain kemampuan teknis, calon pilot juga harus mengetahui etika profesi pilot.

Nah, lantas apa saja tugas dan syarat menjadi seorang pilot ini? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Flight Operation Officer

Tugas Pilot

Menerbangkan Pesawat

Tugas utama dari seorang pilot sudah pasti menerbangkan pesawat. Keselamatan pesawat sudah menjadi tanggung jawab dari pilot sebab sudah menjadi tugas pilot untuk menerbangkan pesawat dengan profesional dengan memperhatikan cuaca dan teknik penerbangan.

Menjaga Keselamatan Penumpang

Tugas selanjutnya dari seorang pilot adalah bertanggung jawab serta menjamin seluruh penumpang yang menaiki pesawat tersebut tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Sebetulnya, ini adalah tugas yang dikhususkan untuk pilot komersial yang bekerja di maskapai penerbangan serta menerbangkan pesawat untuk dibayar. Selain itu, pilot juga harus memastikan jika penumpang tersebut juga merasa nyaman selama perjalanan.

Menjaga Kesehatan Diri Dengan Baik

Tugas ini menjadi hal yang penting juga untuk pilot. Hampir seluruh profesi yang bergerak dalam bidang jasa punya tanggung jawab terbesar untuk para konsumen. Namun, pilot juga tidak boleh melupakan kesehatan diri sendiri.

Ini sudah menjadi tanggung jawab bagi semua orang termasuk juga pilot. Ini disebabkan karena ketika sedang bertugas, kondisi tubuh pilot harus dalam kondisi yang baik. Jika kondisi tubuh tidak sehat, maka akan berpengaruh pada penerbangan serta keselamatan penumpang.

Baca Juga: Mengenal Aircraft Maintenance Engineer

Syarat Menjadi Pilot

Syarat utama menjadi seorang pilot ialah tentu mengikuti pendidikan pilot lebih dulu. Pendidikan tersebut bisa dilakukan siapa saja asalkan sudah memenuhi persyaratan serta telah lolos seleksi.

Selain itu, ada persyaratan tinggi lain yang juga harus terpenuhi untuk menjadi seorang pilot, seperti:

• Tinggi badan setidaknya 160 cm

• Mempunyai kondisi fisik yang sehat

• Tidak buta warna

• Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik

• Memiliki lisensi dan sertifikasi sebagai seorang pilot

Nah, itu tadi artikel mengenai pilot yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Siapa itu Mekanik Pesawat? Ini Dia Ulasannya!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar