Mengenal Aircraft Maintenance Engineer
Siker.id | 11 Oct 2022 15:19


Bagikan ke
Aircraft maintenance engineer (siker)

siker.id – Suatu pesawat terbang pastinya terdapat perawatan tertentu. Sama seperti mesin kendaraan motor atau mobil, umur suatu kendaraan akan semakin habis bila tidak dirawat dan diperbaiki.

Nah, pada pesawat terbang, terdapat pekerjaan yakni, aircraft maintenance engineer (AME) yang bertugas untuk merawat pesawat terbang dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesawat terbang memiliki kelayakan untuk beroperasi dengan baik supaya aman dalam melakukan perjalanan sampai tujuan.

AME bekerja berdasar pada dokumen resmi (approved manual) dan mencatat semua pekerjaan yang dilakukan pada pesawat pada aircraft maintenance log book. Bila terdapat masalah pada pesawat terbang, AME-lah yang bertugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika AME telah memutuskan bahwa suatu pesawat mengalami kerusakan dan tidak layak untuk terbang, pihak maskapai atau pilot harus mematuhinya.

Baca Juga: 4 Skill Penting bagi Security Engineer!

Tugas Aircraft Maintenance Engineer

AME ini memiliki beberapa tugas penting yang berkaitan dengan pesawat antara lain:

Mengecek Bagian dalam Pesawat

Pekerjaan pertama adalah mengecek bagian dalam pesawat. Selain bagian luar, teknisi juga wajib mengecek kondisi bagian dalam pesawat. Di antara bagian yang wajib dicek adalah aircraft monitoring log, deferred maintenance item, fuel and oil quantity dan cabin maintenance log.

Biasanya teknisi akan banyak berdiskusi dengan awak kabin dan kapten guna memudahkan pekerjaannya. Apabila pesawat telah berangkat teknisi tetap harus standby untuk pengecekan pesawat berikutnya.

Memastikan Pesawat Aman (Visual Check)

Pekerjaan selanjutnya adalah memastikan pesawat aman. Sebagaimana isi peraturan di atas, bahwa keselamatan, keamanan dan pelayanan merupakan tanggung jawab dari seorang teknisi pesawat. Nah, salah satu bentuk pengamalan hal tersebut adalah dengan memastikan setiap bagian luar pesawat aman jika melakukan penerbangan.

Mendengarkan Informasi Kondisi Pesawat

Hal ini juga menjadi pekerjaan yang penting bagi AME. Setelah pesawat mendarat, seorang teknisi penerbangan juga perlu meminta informasi dari awak kabin dan pilot mengenai kondisi pesawat selama penerbangan berlangsung. Informasi yang didapatkan tersebut kemudian menjadi acuan bagi teknisi apakah perlu atau tidak mengganti spare part pesawat demi kelancaran penerbangan selanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Profesi Air Traffic Controller

Kompetensi yang Wajib Dimiliki

Terdapat dua kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi pesawat. Kompetensi tersebut biasanya didapatkan pada saat berada di dunia perkuliahan. Baik mekanik pesawat maupun teknisi pesawat, keduanya menuntut dua keahlian yang sama. Begini keahlian yang dibutuhkan:

Kompetensi Utama

• Pengetahuan tentang isu-isu kontemporer

• Kemampuan memanfaatkan teknik-teknik, keahlian-keahlian, dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas-tugas profesionalnya

• Kemampuan mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah-masalah teknik

• Cakupan pengetahuan cukup luas untuk dapat memahami pengaruh tindakan teknis yang diambilnya terhadap masyarakat dan dunia global

Kompetensi Pendukung

• Memiliki kemampuan yang efektif dalam tim

• Kesadaran akan kebutuhan suatu kemampuan untuk belajar seumur hidup

• Memiliki kemampuan berkomunikasi efektif baik secara lisan maupun tertulis dalam profesinya

• Pemahaman tanggung jawab profesional dan etika

• Kemampuan mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan teknik (engineering)

Selain itu, terdapat beberapa syarat yang wajib terpenuhi jika ingin mendapatkan profesi ini. Syarat ini sekaligus sebagai cara untuk untuk menjadi aircraft maintenance engineer. Di antaranya yakni:

• Telah mengikuti pelatihan teknik atau memiliki masa kerja di bidang teknik tertentu dengan lama waktu tertentu

• Telah mengikuti Type rating training + OJT suatu pesawat

• Memiliki Basic Certificate for Aircraft Maintenance (BCAM)

• Telah dinyatakan lulus ujian tulis dan oral (Bila Type rating course tersebut belum DGCA Approved)

• Serta beberapa dokumen lainnya seperti ijazah dan dokumen penting lainnya sebagai tanda bukti

Nah, itu tadi Aircraft Maintenance Engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar