Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Flight Operation Officer
Siker.id | 11 Oct 2022 16:18


Bagikan ke
Flight operation officer (siker)

siker.id – Dalam dunia penerbangan, pihak yang memiliki tugas untuk mempersiapkan dan melaksanakan rencana penerbangan ialah flight operation officer atau biasa disingkat FOO.

Gampangnya, FOO ini bertugas untuk mengendalikan operasional penerbangan. Pada bidang kerjanya, FOO nantinya akan bekerja sama dengan para pilot, pramugari, teknisi, dan berbagai unit pendukung lainnya.

Untuk menjadi seorang FOO, berarti harus mengambil sekolah FOO terlebih dahulu. Menjadi seorang FOO tidaklah mudah, itulah sebabnya proses seleksi untuk sekolah FOO juga tidak sembarangan.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang FOO, kamu harus paham mengenai tugas seorang FOO terlebih dahulu. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Teknisi Produksi

Tugas Seorang FOO

Menyediakan Laporan

Salah satu tugas dari FOO selanjutnya adalah menyediakan laporan untuk kru cockpit. Bukan hanya itu saja, perihal dokumentasi pengarahan serta informasi sebelum dan selama penerbangan juga perlu disediakan oleh FOO. Dengan begitu, laporan mengenai penerbangan ini akan jelas sesuai kondisi yang ada.

Menginformasikan Setiap Perubahan

Tugas ini menjadi lingkup kerja dari seorang FOO. Ketika ada perubahan mengenai penerbangan, FOO bertugas untuk menginformasikannya ke kru yang ada.

Misalnya saja seperti kondisi meteorologi dan berbagai kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan. Hal ini sesuai dengan poin pertama yakni FOO bertanggung jawab atas keamanan penerbangan.

Menginformasikan Perubahan Cuaca Terbaru

Seorang FOO juga bertugas untuk memberikan informasi terkait perubahan cuaca. Selain itu, FOO juga akan merekomendasikan mengenai rencana alternatif bagi penerbangan terkait.

Pemberian informasi tersebut dilengkapi dengan ketinggian, ketersediaan bahan bakar, hingga tempat pendaratan alternatif. Pemberian informasi tersebut merupakan tugas dari seorang FOO.

Bertanggung Jawab Atas Keamanan Penerbangan

Seorang FOO bertanggung jawab atas keamanan penerbangan bersama dengan pilot. Selain itu FOO juga memiliki tanggung jawab atas persiapan operasional serta pengendalian penerbangan.

Dengan kata lain, menjadi seorang FOO bukanlah profesi yang main-main. Hal ini dikarenakan keamanan penerbangan merupakan tanggung jawab FOO.

Menandatangani Dokumen Penerbangan

FOO juga ikut berperan dalam dokumen terkait keterlambatan maupun pembatalan penerbangan. FOO akan ikut serta menandatangani dokumen tersebut. Dokumen ini akan dikeluarkan apabila kondisi penerbangan tidak aman dan mengancam keselamatan para penumpang.

Baca Juga: Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?

Melakukan Monitoring

Seorang FOO juga akan melakukan monitoring terhadap kondisi cuaca, laporan posisi pesawat, hingga grafik navigasi aeronautika. Hal tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi. Jadi pemantauan ini juga dilakukan oleh petugas operasi penerbangan.

Menyimpan Dokumen Perjalanan

Ini juga menjadi pekerjaan bagi FOO. Menyimpan berbagai dokumen atau catatan mengenai perjalanan merupakan tugas dari Flight Operation Officer. Dokumen tersebut juga mencakup mengenai kondisi pesawat, estimasi waktu penerbangan, berat kargo, kru kabin, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut penerbangan.

Merespons Situasi Darurat

Seorang petugas operasional bandara bertugas untuk merespons berbagai situasi darurat mengenai penerbangan. Petugas operasional bandara akan mengkoordinasikan kegiatan serta menjalankan tugas sesuai prosedur dengan prosedur yang berlaku.

Selain itu, FOO akan memberikan informasi kepada kru yang ada, apabila terjadi sesuatu hal di luar prosedur. Begitu pula kepada pihak yang berwenang, FOO juga akan memberitahukan situasi tersebut.

Mengumpulkan dan Menganalisis Informasi

Seorang FOO bertugas untuk mengumpulkan serta menganalisis informasi penerbangan yang relevan. Selain itu FOO juga bertugas untuk mempersiapkan rencana penerbangan, laporan, dan dokumentasi.

Informasi yang dimaksud tersebut mencakup mengenai rute penerbangan yang akan diambil, ketinggian, tempat pendaratan alternatif, laporan cuaca, dan prakiraan cuaca selama penerbangan. Selain itu kondisi bandara, fasilitas navigasi, dan berbagai hal lainnya yang relevan juga termasuk tugas FOO.

Nah, itu tadi artikel mengenai Flight Operation Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Profesi Air Traffic Controller


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar