icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Skill Wajib Untuk Seorang Customer Service
Siker.id | 12 May 2022 10:00


Bagikan ke
customer service sedang menerima customer (freepik/siker.id)

siker.id - Customer service adalah salah satu pekerjaan yang sering di incar oleh para fresh graduate dan juga jobseeker. Customer service juga memiliki peran penting di perusahaan karena pekerjaan yang berhubungan langsung dengan customer melalui telepon atau media lainnya.

Jika kamu ingin berkarir menjadi seorang customer service, ketahui dulu skill apa saja sih yang wajib dimiliki berikut ini.

Baca juga : Berikut Tugas serta Skill Menjadi Android Developer

1. Komunikasi

 

Skill pertama yang harus dimiliki oleh setiap customer service adalah komunikasi. Tanpa kemampuan ini, pasti kamu akan kesulitan mengerjakan tugas dari profesi ini.

Saat ada pelanggan yang memberikan pertanyaan, kamu harus bisa memberikan jawaban dengan bahasa yang mudah dipahami. Setiap kata harus dipilih secara tepat agar pelanggan bisa segera mengerti maksud dari penjelasanmu.

Kemampuan komunikasi bukan hanya soal cara berbicara yang sopan dan mudah dimengerti saja.

2. Sabar

 

 

Tidak semua orang bisa bersabar saat menghadapi begitu banyak pelanggan yang memiliki segudang pertanyaan atau keluhan. Namun, bagi customer service harus bisa terus bersabar saat menghadapi berbagai jenis pelanggan.

Baca juga : Ini Beberapa Keahlian Lulusan SMA Agar Dapat Kerja

Belum lagi saat ada pelanggan yang keras kepala dan susah dijelaskan, tentunya bisa membuat kamu merasa kesal. Bagaimana pun juga seorang customer service harus bisa selalu profesional dan tetap ramah saat memberikan penjelasan kepada setiap orang.

3. Pembawaan yang Selalu Positif

 

Skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh setiap customer service adalah kemampuan untuk selalu menunjukkan vibe yang positif. Sikap yang positif akan sangat membantu dalam pelayanan pelanggan.

Saat kamu menjadi seorang pelanggan yang butuh bantuan, tentunya akan kesal bukan saat bertemu dengan customer service yang tidak ramah?

Kamu bisa mulai menerapkannya dari hal yang paling mudah. Misalnya, memasang wajah yang ramah, murah senyum, berkata sopan dan lembut, serta proaktif menawarkan bantuan.

Nah, itu dia beberapa skill yang wajib dimiliki jika kamu ingin berkarir menjadi customer service, semoga membantu ya.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut Contoh Menuliskan Keahlian dalam CV


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar