icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Skill Wajib Sebagai Seorang Frontliner
Siker.id | 26 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Skill frontliner (siker)

siker.id - Frontliner adalah suatu pekerjaan atau profesi di sebuah perusahaan yang bertugas memberikan layanan penting dan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan perusahaan tersebut. Frontliner adalah wakil dari perusahaan kepada publik. Frontliner dapat bekerja di beberapa industri seperti kesehatan, keamanan publik, transportasi, manufaktur, jasa pengiriman, pendidikan, layanan sosial, penjualan, pemasaran, retail, administrasi, hingga pemerintahan. Sebagai seorang yang bekerja di bagian frontliner tentunya harus menguasai skill-set yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut skill tersebut!

Baca juga: 4 Skill yang Harus Dikuasai Montir

Komunikasi

Seorang frontliner membutuhkan keterampilan komunikasi agar mereka dapat menyampaikan maksud mereka kepada pelanggan dengan jelas dan sopan. Seorang frontliner menggunakan keterampilan komunikasi secara langsung melalui email dan telepon. Frontliner juga menggunakan keterampilan mendengarkan secara aktif ketika berinteraksi dengan klien dan rekan kerja, sehingga mereka dapat memahami tantangan juga kebutuhan sesuai situasi sehingga mereka dapat mengerjakan tugas secara akurat.

Empati

Seorang frontliner umumnya akan menghadapi berbagai jenis klien dan masalah mereka, termasuk juga menghadapi klien dengan latar belakang dan budaya yang beragam. Seorang frontliner membutuhkan kemampuan berempati agar dapat membantu klien-klien mereka menyelesaikan berbagai situasi unik sehingga para pelanggan merasa lebih nyaman dan terbantu dalam penyelesaian masalah mereka.

Baca juga: 3 Skill-set yang Harus Dimiliki oleh Blogger

Kemampuan beradaptasi

Tanggung jawab seorang frontliner seringkali berbeda berdasarkan kebutuhan klien dan bisnis perusahaan. Sehingga, kemampuan untuk beradaptasi terhadap masalah yang tidak terduga dapat membantu frontliner berhasil menyelesaikan masalah dan tantangan yang mereka hadapi. Kemampuan beradaptasi juga membantu frontliner lebih mudah berinteraksi dengan rekan kerja dan klien.

Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan untuk memahami bagaimana orang lain berpikir dan bagaimana perasaan mereka. Frontliner adalah garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan klien. Sehingga, mereka membutuhkan kecerdasan emosional untuk dapat memahami pikiran dan perasaan klien, seperti mengamati nada dan suara, bahasa tubuh, dan gerak-gerik klien. Kemampuan untuk mengamati ini akan membantu frontliner dalam menangani klien dengan lebih maksimal.

Sekian artikel tentang skill wajib yang harus dikuasai frontliner. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Skill yang Harus Dikuasai Public Relation


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar