4 Skill yang Harus Dikuasai Montir
Siker.id | 25 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Skill montir (siker)

siker.id - Montir adalah sebuah pekerjaan dimana mereka bekerja memperbaiki semua mesin kendaraan yang ada. Sebagai seorang montir sudah sewajarnya mereka harus mengetahui apa saja kerusakan yang ada pada mesin kendaraan dan itu sudah wajib mereka ketahui. Tetapi berbicara mengenai montir ternyata mereka harus memiliki beberapa kemampuan dasar diluar pemahaman tentang mesin, dan kemampuan ini menjadi kunci utama dalam membantu penanganannya. Untuk mengetahuinya berikut beberapa kemampuan yang perlu dimiliki seorang montir dalam melakukan tugasnya.

Baca juga: 4 Skill dalam Teamwork yang Perlu Dikuasai

Pengetahuan dasar mesin kendaraan

Sebagai dasar untuk melakukan pekerjaan, seorang montir harus memiliki pemahaman dasar tentang mesin kendaraan. Hal ini bisa dimulai dari bagian-bagian kendaraan beserta fungsinya. Pengetahuan ini tentu akan didapatkan jika kamu lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan teknik mesin atau otomotif.

Penggunaan komputer

Dunia otomotif semakin berkembang dan kendaraan yang perlu diperbaiki tidak hanya yang berbahan bakar bensin. Kini mulai banyak mobil dengan pelat nomor berwarna biru yang menandakan bahwa mobil tersebut menggunakan bahan bakar listrik. Tentunya, jenis mobil ini semakin canggih. Mobil yang sudah memiliki fitur canggih perlu alat canggih juga untuk dapat memeriksanya. Keahlian menggunakan komputer dan software yang mendukung pekerjaan montir menjadi salah satu skill yang diperlukan saat ini.

Baca juga: Basic Skill Yang Harus Dimiliki Para Mahasiswa Teknik

Komunikasi

Semua lini pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik, tak terkecuali bagi montir. Selain perlu melakukan laporan secara struktural pada atasan dan perusahaan, seorang montir perlu berkomunikasi dengan konsumen untuk memberitahukan keadaan kendaraan serta tips dan trik untuk penggunaan yang lebih efisien dan ramah pada kendaraan.

Perbaikan dan penggantian bagian yang rusak

Bisa membongkar, memperbaiki, mengganti, serta memasang kembali semua bagian penting kendaraan menjadi skill yang harus dimiliki oleh seorang montir. Keterampilan ini akan semakin terasa seiring berjalannya waktu. Ingatlah bahwa “practice makes perfect”.

Sekian artikel tentang kemampuan yang harus dimiliki montir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas serta Skill Menjadi Android Developer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar