icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tugas dan Tanggung Jawab Recruitment Staff, Selengkapnya
Siker.id | 12 Nov 2021 17:15


Bagikan ke

siker.id - Dalam sebuah perusahaan, peranan Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau HRD sangatlah penting. Ada banyak sekali fungsi dan tanggung jawab yang menjadi tugas dan pekerjaan mereka untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Tugas dan tanggung jawab mereka bukan terbatas hanya pada masalah kepegawaian saja, akan tetapi juga hal - hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan sehari - hari. Dan untuk menjalankan hal tersebut, maka departemen HRD terbagi menjadi beberapa divisi yang masing - masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda - beda sesuai dengan jobdesnya.

Sebagai referensi dan gambaran untuk Anda dalam memahami jobdes, tugas dan tanggung jawab beberapa divisi tersebut maka dalam beberapa artikel saya kedepan akan membahas mengenai hal tersebut.

Baca juga: Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini

Dan pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Recruitment Staff.

1. Mengatur dan mengembangkan materi recruitment

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, seorang Recruitment Head bertugas untuk mengembangkan materi uji dan mengaturnya sedemikian rupa agar terlihat lebih unik serta memberikan hasil uji yang maksimal demi kelancaran kerja perusahaan. Hal ini bisa dimaksudkan, jika dulu mungkin dilakukan tes tangan, maka dengan perkembangan teknologi saat ini, bisa dilakukan tes secara online atau berbasis internet sehingga lebih efisien dan efektif.

2. Mengontrol, mengatur, dan update rencana tenaga kerja

Seorang Recruitment Head harus elakukan observasi terhadap departemen lain dan membuat agenda terkait pengadaan karyawan baru, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kekosongan karyawan yang bisa membuat kinerja perusahaan menjadi terhenti dikarenakan terdapat kekosongan karyawan pada bagian yang vital. Selain mengupdate informasi ini, Recruitment Head juga bertugas untuk mengontrol jumlah tenaga kerja yang akan diterima, bisa dibilang jika terdapat kandidat yang multitasking dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan kemampuannya , maka itu yang diprioritaskan. Hal ini dikarekanan selain bertugas untuk mencari karyawan baru, recruitment head juga harus memikirkan efisiensi dan perampingan budget perusahaan terkait penggajian karyawan.

3. Menyiapkan laporan bulanan dan mingguan

Setelah pekerjaan-pekerjaanna terkait hal itu selesai, seorang recruitment head juga bertuga untuk membuat laporan bulanan dan mingguan agar kinerjanya bisa dievaluasi kedepannya.

4. Mengontrol dan memonitor iklan lowongan

Setelah terdapat informasi akurat mengenai jumlah dan divisi yang membutuhkan karyawan baru, recruitment head harus membuat iklan lowongan kerja, baik itu secara online maupun secara ofline, dengan dibantu oleh staff nya, recruitment head bertugas memonitor iklan lowongan ini dan memperhatikan setiap detail update nya.

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

5. Berkordinasi dengan agen perekrutan

Jika dirasa perlu, Recruitment Head juga bisa bekerja sama dengan agen perekrutan yang dipercaya untuk melakukan jasa perekrutan karyawan baru. Hal ini dimaksudkan agar Divisi recruitment bisa lebih teliti dalam memilih karyawan baru, pun selain itu, jika memang dibutuhkan banyak karyawan baru dalam waktu yang singkat, maka jasa agen rekrutment ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, terutama bagi divisi rekrutmen di perusahaan terkait.

6. Mendesain iklan lowongan

Jika informasi mengenai jumlah karyawan baru yang dibutuhkan telah fix, salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang Recruitment Head adalah mendesain iklan lowongan kerja yang akan di share di media online maupun offline. Meskipun pada kenyataannya, untuk tugas ini bisa dibantu oleh staff recruitment atau bagian desain yang benar benar memahami desain.

7. Melakukan seleksi kerja

Setelah proses diatas terlaksana dengan baik, maka tugas selanjutnya dari Recruitment Head dengan dibantu oleh para bawahannya adalah melakukan langkah langkah perekrutan

Sekian artikel Tugas dan Tanggung Jawab Recruitment Staff, Selengkapnya. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana

 

 


Editor: Bagus -

     

TAG :