Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali 8 Ciri-Ciri Budaya Kerja yang Baik Berikut ini!
Siker.id | 15 Aug 2023 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi budaya kerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Budaya kerja mencakup semangat, nilai-nilai, norma, dan perilaku yang mendasari lingkungan di tempat kerja. Sebuah budaya kerja yang baik memiliki dampak pada produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan karyawan. Berikut adalah ciri-ciri budaya kerja yang baik:

Baca juga: 7 Cara Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

1. Keterbukaan dan Komunikasi

Budaya kerja yang baik didasarkan pada keterbukaan dan komunikasi yang aktif dan efektif. Karyawan merasa nyaman untuk berbagi ide, memberikan umpan balik, dan berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi.

2. Kerjasama

Kerja sama adalah nilai inti dalam budaya kerja yang baik. Karyawan bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan bersama, menggabungkan keterampilan dan pemikiran yang beragam adalah ciri-ciri Perusahaan yang memiliki budaya kerja yang baik.

3. Pemberdayaan Karyawan

Budaya kerja yang baik mampu untuk memberdayakan karyawan mengambil inisiatif, membuat keputusan, dan berkontribusi pada perubahan positif dalam organisasi.

4. Apresiasi

Perusahaan atau organisasi dengan budaya kerja yang baik akan dapat menghargai dan mengakui kontribusi karyawan. Penghargaan tidak hanya bersifat materi, tetapi juga termasuk pengakuan verbal dan apresiasi atas prestasi.

Baca juga: Suka Kerja Multitasking? Waspadai 7 Risiko ini!

5. Fokus pada Pembelajaran dan Pengembangan

Budaya kerja yang baik mendorong pembelajaran yang berkelanjutan dan pengembangan karyawan. Perusahaan memberikan peluang karyawan untuk mengasah keterampilan dan mencapai pertumbuhan profesional.

6. Work Life Balance

Perusahaan atau organisasi dengan budaya kerja yang baik dapat menghargai work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Mereka memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan ini.

7. Menghargai Keragaman

Perusahaan yang memiliki budaya kerja yang baik dapat menerima keberagaman. Semua karyawan merasa diterima dan dihargai, tanpa memandang latar belakang atau identitas mereka.

8. Ketahanan dan Adaptabilitas

Budaya kerja yang baik mendorong ketahanan mental dan adaptabilitas sehingga karyawan siap menghadapi perubahan dan tantangan dengan sikap positif.

Budaya kerja yang baik adalah fondasi yang mendorong perusahaan untuk tumbuh dan berkembang dengan positif. Melalui nilai-nilai seperti keterbukaan, Kerjasama dan apresiasi, budaya kerja yang baik dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan karyawan dan kesuksesan Perusahaan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Usir Rasa Malas dalam Bekerja dengan 10 Tips ini!


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar