Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
9 Budaya Kerja Ini Bisa Bangkitkan Semangat Kerja
Siker.id | 18 Nov 2021 12:30


Bagikan ke
Budaya kerja yang positif bisa membawa karyawan bekerja lebih produktif lagi. (siker)

siker.id - Bagi Anda yang merupakan seorang pekerja dalam suatu perusahaan, pasti ingin bekerja di tempat yang nyaman dan menyenangkan. Namun, faktanya tidak sedikit pekerja yang malah merasa tertekan dan tidak nyaman denga tempat kerjanya, dan ini bisa karena atasannya membuat aturan yang sangat kolot, yang mementingkan hasil dibandingkan karyawannya. Padahal, bila karyawan merasa senang, kinerja pun bisa terjamin kualitas dan kuantitasnya, atau bisa dibilang karyawan bisa semakin produktif. Nah, untuk menghindari ketidaknyamanan karyawan dalam bekerja, berikut ini beberapa budaya kerja yang bisa tingkatkan produktivitas.

Baca juga: 8 Cara Memberi Kesan Baik Saat Pertama Bekerja

1. Lingkungan Kerja Produktif

Karyawan merasa senang dan menikmati suasana saat bekerja? Bisa jadi ini merupakan tanda bahwa mereka nyaman dengan suasana kantor yang kondusif. Adanya kecemasan dan intimidasi justru menandakan sebaliknya, bahwa karyawan takut dan merasa tidak nyaman berada di lingkungan kantor.

2. Komunikasi Terbuka dan Jujur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa politik kantor biasanya menyebabkan suasana dan budaya kerja menjadi sangat tidak kondusif. Jika Anda sebagai karyawan bisa menciptakan komunikasi yang jujur, terbuka terhadap feedback, serta bahu membahu untuk menyelesaikan suatu masalah, maka selamat, karena itu menandakan budaya kerja yang positif di suatu organisasi!

3. Suasana yang Seru

Tidak ada salahnya untuk sesekali tertawa bersama dan menikmati candaan di tengah-tengah penatnya bekerja. Dengan begini, karyawan bisa merasa rileks dan lebih tidak stress dibandingkan mereka yang hanya serius bekerja selama seharian penuh.

4. Aturlah Tantangan untuk Karyawan

Dalam perusahaan, apalagi yang mengutamakan hasil tentunya akan ada rasa persaingan diantara mereka. Sebaiknya perusahaan sudah bisa mengatur cara bersaing para karyawannya. Misalnya saja, dengan membuat beberapa tim dengan dipimpin oleh satu orang. Terapkan aturan-aturan tertentu yang mempersilahkan mereka bekerja sekreatif mungkin. Budaya kerja yang lebih terbuka dengan kreatifitas akan sangat membantu.

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Bosan saat Bekerja

5. Jangan Larang Karyawan Beristirahat Bila Sudah Waktunya

Perusahaan tentunya mempunyai waktu kerja dan waktu istirahat, misalnya saja dalam 8 jam kerja, ada kesempatan 1 jam untuk beristirahat. Jangan sampai karyawan dibiarkan kerja lembur bagai kuda tanpa ada istirahatnya sama sekali, karena mereka adalah manusia bukan mesin. Karena hingga sekarang masih saja ada perusahaan yang beranggapan bahwa membiarkan karyawannya bekerja tanpa istirahat non stop akan lebih produktif, padahal faktanya anggapan tersebut adalah salah besar.

6. Memberikan Hak Karyawan dengan Baik

Dalam dunia kerja ada beberapa jenis hak yang wajib dipenuhi perusahaan untuk karyawan. Pemberian hak ini memiliki arti sangat penting untuk karyawan dan menjadi salah satu faktor kenyamanan karyawan dalam perusahaan tersebut. Beberapa jenis hak yang bisa didapatkan karyawan di lingkungan kerja, misalnya hak untuk mendapatkan upah, hak mendapatkan perlakuan yang sama, hak untuk dilindungi, hak cuti dan lain sebagainya. Bahkan masalah hak karyawan ini juga sudah dengan lengkap diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 sehingga perusahaan harus memberikan hak karyawan dengan baik. Hak yang sudah dipenuhi membuat karyawan nyaman sehingga dalam bekerjapun juga lebih fokus dan tulus.

7. Budaya Apresiasi Kepada Karyawan

Taukah Anda memberikan apresiasi kepada karyawan hanya menggunakan ucapan atau pesan saja memberikan dampak yang besar untuk kinerja karyawan. Memberikan apresiasi atas pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik membuat karyawan untuk terus termotivasi dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaanya. Apresiasi adalah satu hal kecil namun besar pengaruhnya untuk karyawan. Memberikan apresiasi tidak hanya diberikan untuk karyawan yang berprestasi saja namun untuk semua karyawan walau memerlukan evaluasi namun kerja keras mereka perlu dihargai.

8. Buat Acara Mempererat Kerjasama Karyawan dan Atasan

Seseorang bisa lebih produktif dan nyaman bekerja di dalam kantornya buat mereka merasa nyaman juga dengan kondisi kantor, dengan karyawan dan atasannya. Bila ada pembatas yang membuat mereka bahkan tidak bisa bergerak dan hanya boleh melakukan pekerjaanya saja itu malah membuat tidak produktif bahkan perusahaan cenderung tidak akan maju sebab menutup kreatifitas dari para karyawannya. Buatlah acara-acara kecil yang bisa membuat Kerjasama karyawan dan atasan semakin akrab.

9. Membuat Suasana Ruangan yang Nyaman

Kantor merupakan tempat yang akan digunakan karyawan bekerja selama berjam-jam, mereka dituntut harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik di tempat tersebut. Namun, apa jadinya bila perusahaan membuat sebuah kantor yang membuat karyawannya tidak nyaman? Tentu saja itu akan mempengaruhi pada kinerja karyawan. Usahakanlah Anda bisa membuat kantor yang sangat nyaman, sekarang ini sudah banyak sekali desain-desain kantor yang bisa dijadikan referensi.

Sekian artikel tentang budaya kerja yang baik buat karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar