Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal 4 Tipe Gaya Kepemimpinan
Siker.id | 05 Jul 2023 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi pemimpin (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Kepemimpinan atau leadership melibatkan serangkaian keterampilan dan karakteristik, termasuk kemampuan komunikasi yang efektif, kemampuan menginspirasi dan memotivasi orang lain, kemampuan pengambilan keputusan yang baik, kemampuan dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang baik, serta kemampuan dalam mengelola konflik dan tantangan. Seorang pemimpin memiliki tanggung jawab untuk memberikan arahan, melibatkan anggota tim, mengatasi hambatan, dan memastikan pencapaian tujuan. Terdapat beberapa macam gaya kepemimpinan yang umum ditemui pada suatu organisasi atau perusahaan, seperti:

Baca juga: 5 Cara Manajemen Konflik dalam Suatu Perusahaan/Organisasi

1. Kepemimpinan direktif

Gaya kepemimpinan ini melibatkan memberikan instruksi yang jelas, arahan, dan kontrol yang ketat kepada anggota tim. Pemimpin dengan gaya ini membuat keputusan sendiri dan memberikan petunjuk yang jelas tentang apa yang harus dilakukan oleh anggota tim. Gaya kepemimpinan ini sering digunakan dalam situasi yang memerlukan kecepatan, ketepatan, atau dalam situasi krisis.

2. Kepemimpinan supportif

Gaya kepemimpinan ini melibatkan mendukung dan memperhatikan kebutuhan emosional dan sosial anggota tim. Pemimpin dengan gaya ini memberikan perhatian pada kesejahteraan dan keseimbangan kerja-hidup anggota tim. Mereka menciptakan lingkungan yang mendukung dan membangun hubungan saling percaya dengan anggota tim. Gaya kepemimpinan ini efektif dalam membangun motivasi, kepuasan, dan komitmen anggota tim.

Baca juga: Berikut adalah Hal yang Diperhatikan HRD Saat Menyeleksi CV

3. Kepemimpinan partisipatif

Gaya kepemimpinan ini melibatkan melibatkan anggota tim dalam pengambilan keputusan dan merangsang partisipasi aktif mereka. Pemimpin dengan gaya ini mendorong anggota tim untuk berkontribusi dengan ide dan perspektif mereka. Keputusan diambil berdasarkan konsensus atau melibatkan mayoritas suara anggota tim. Gaya kepemimpinan ini membangun keterlibatan, tanggung jawab, dan motivasi yang tinggi dalam tim.

4. Kepemimpinan berorientasi pada prestasi

Gaya kepemimpinan ini melibatkan menetapkan standar tinggi, mendorong kinerja yang unggul, dan fokus pada pencapaian tujuan. Pemimpin dengan gaya ini menetapkan target yang ambisius dan mendorong anggota tim untuk mencapainya. Mereka memberikan umpan balik terus-menerus, memberikan tantangan yang menantang, dan mendorong kemajuan individual dan tim. Gaya kepemimpinan ini efektif dalam situasi yang memerlukan pencapaian prestasi yang tinggi.

Itu dia 4 gaya kepemimpinan yang umumnya ada pada suatu organisasi atau perusahaan. Setiap gaya kepemimpinan memiliki pendekatan yang berbeda terhadap pengambilan keputusan, interaksi dengan anggota tim, dan fokus pada hasil. Seorang pemimpin yang efektif dapat menggunakan kombinasi dari gaya kepemimpinan ini tergantung pada situasi, karakteristik tim, dan tujuan yang ingin dicapai. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 4 Jenis Cover Letter dan Penggunaannya


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar