Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Jenis Cover Letter dan Penggunaannya
Siker.id | 05 Jul 2023 09:30


Bagikan ke
Ilustrasi cover letter (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Cover letter adalah dokumen yang biasanya disertakan bersama dengan resume/CV saat mengajukan lamaran pekerjaan. Surat pengantar ini memberikan kesempatan kepada pelamar untuk menjelaskan mengapa mereka tertarik dengan posisi yang dilamar, mengapa mereka cocok untuk peran tersebut, dan mengapa mereka ingin bekerja di perusahaan tersebut. Cover letter bertujuan untuk menarik perhatian perekrut dan memberikan gambaran singkat tentang kualifikasi, pengalaman, dan motivasi pelamar. Tahukah kamu, kalau ternyata cover letter ada jenisnya lho, yang harus disesuaikan dengan jenis lowongan pekerjaan apa yang akan kamu lamar. Berikut adalah beberapa jenis cover letter:

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Seseorang Tidak Lolos Interview Kerja

1. Application Cover Letter

Surat pengantar aplikasi (application cover letter) digunakan saat kamu mengajukan lamaran untuk posisi tertentu di suatu perusahaan. Surat ini menyampaikan informasi tentang minat yang kamu miliki terhadap posisi tersebut, mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut, dan mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Application cover letter biasanya dikirim bersamaan dengan resume/CV.

2. Referral Cover Letter

Referral cover letter adalah surat pengantar yang mencantumkan referensi atau rekomendasi dari seseorang yang memiliki hubungan dengan perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Surat ini menyoroti hubunganmu dengan referensi tersebut dan mengapa mereka merekomendasikanmu untuk posisi tersebut. Referral cover letter dapat memberikan keuntungan tambahan karena merekomendasikan pihak yang sudah dikenal oleh perusahaan.

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Paling Banyak di Cari Tahun 2023!

3. Value Proposition Letter

Value proposition letter adalah surat pengantar yang menekankan nilai atau keunggulan yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Surat ini menyoroti keterampilan, pengalaman, atau prestasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Value proposition letter menunjukkan bagaimana kamu dapat memberikan nilai tambah dan kontribusi bagi perusahaan jika diberikan kesempatan bekerja.

4. Letter of Interest

Letter of interest digunakan untuk mengekspresikan minatmu terhadap perusahaan atau industri tertentu, meskipun tidak ada posisi yang tersedia secara terbuka. Surat ini menyoroti minat dan motivasimu untuk bergabung dengan perusahaan tersebut, serta mengapa kamu merasa cocok dengan nilai-nilai dan budaya organisasi perusahaan tersebut. Letter of interest dapat membuka peluang untuk mendapatkan informasi tentang posisi yang belum diumumkan atau membentuk hubungan awal dengan perusahaan.

Itu dia 4 jenis cover letter. Penting untuk menyesuaikan jenis surat pengantar yang kamu gunakan dengan situasi dan konteks perekrutan yang kamu hadapi. Pastikan untuk meneliti dan memahami persyaratan dan kualifikasi perusahaan terkait dengan surat pengantar tersebut. Selain itu, pastikan surat pengantarmu singkat, jelas, dan menarik perhatian perekrut. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini dia 4 Hal yang Harus Ada di Kontrak Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian