Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja
Siker.id | 26 Sep 2022 12:45


Bagikan ke
4 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja (siker)

Siker.id - Pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja umum ditanyakan sebab tujuannya untuk mengetahui jiwa kepemimpinan, potensi, dan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat pekerja. Mulai dari cara memecahkan masalah, komitmen dalam bekerja, cara bekerja dalam tim, hingga delegasi tugas. Sebagai kandidat pekerja, kamu juga harus menguasai cara menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan dapat merangkul tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

Mempersiapkan jawaban sebelum interview dapat membantu kamu menjadi lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari recruiter, terutama pertanyaan mengenai kepemimpinan yang dapat mencerminkan pribadimu.

Baca Juga : Ini Dia 4 Pertanyaan Interview Berkualitas

Berikut ini adalah pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja beserta jawabannya.

1. Apa keahlian kepemimpinan yang menurut Anda sangat penting?

“Komunikasi adalah kunci dari segala situasi. Maka itu, saya memilih keahlian berkomunikasi dalam menjabat menjadi seorang pemimpin. Ada atau tidaknya komunikasi yang baik sangat berdampak bagi berlangsungnya suatu organisasi. Komunikasi yang baik dapat memudahkan tim untuk mencapai tujuan bersama. Bertutur kata yang baik dan sopan juga menjadi salah satu faktor penting untuk bekerja dalam tim.”

2. Bagaimana cara Anda menghadapi konflik sebagai seorang pemimpin?

“Kunci dari segala permasalahan adalah komunikasi. Apabila konflik yang ada melibatkan saya sendiri, saya akan melakukan mediasi dengan pihak yang bersangkutan. Mendengarkan opini dari pihak yang bersangkutan dan mencari jalan tengah untuk memecahkan permasalahan yang ada. Namun, bila konflik yang ada merupakan konflik antara anggota tim, saya akan mempertemukan kedua belah pihak dan meminta untuk mencari jalan keluar yang tidak merugikan salah satu pihak.”

Baca Juga : 3 Cara Balas Email Undangan Interview Dari HRD

3. Bagaimana cara Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif?

“Saya akan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang positif dan disenangi oleh anggota. Dapat melalui memberikan kesempatan anggota untuk menyuarakan pendapatnya, terlibat dalam segala aktivitas kerja, menghargai anggota, memberi apresiasi dari masing-masing anggota dalam melakukan pekerjaannya, dan menerapkan lingkungan kerja yang nyaman bagi anggota.”

4. Bagaimana cara Anda dalam menetapkan tanggung jawab dari tiap anggota?

“Seluruh anggota tentunya memiliki tanggung jawab tersendiri sesuai dengan posisinya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk saya memberikan keringanan bagi anggota sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terlepas dari itu, saya juga akan mengontrol penuh atas aktivitas tiap-tiap anggota.”

Nah, itu tadi 4 Kesalahan Ketika Melamar Kerja dan Cara Mengatasinya.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 4 Pertanyaan Seputar Interview Posisi Network Engineer

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar