Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan 10 Cara Ini untuk Mengatasi Burnout
Siker.id | 11 May 2023 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi Burnout (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Burnout merupakan suatu kondisi fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh stres kronis yang terkait dengan pekerjaan atau tuntutan yang berkepanjangan. Biasanya, burnout terjadi pada individu yang merasa terlalu terlibat secara emosional dan mental dalam pekerjaan mereka, tanpa mendapatkan cukup pemulihan dan dukungan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mengatasi burnout:

Baca juga: 3 Penanda Seseorang Alami Burnout

1. Istirahat dan pemulihan

Berikan waktu untuk istirahat dan pemulihan yang cukup. Pastikan kamu memiliki waktu luang yang cukup dalam rutinitas harian untuk bersantai, menenangkan pikiran, dan melakukan kegiatan yang membantu mengurangi stres.

2. Perbaiki manajemen waktu

Aturlah waktu dengan bijaksana dan prioritas yang jelas. Identifikasi tugas yang paling penting dan yang membutuhkan fokus utama, sementara menetapkan batas waktu yang realistis untuk setiap tugas. Pelajari untuk menolak atau mengatakan "tidak" jika kamu sudah terlalu terbebani.

3. Perkuat batas pribadi

Tetapkan batas yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hindari membawa pekerjaan ke rumah, dan berikan waktu khusus untuk kegiatan yang membuatmu bahagia dan terhubung dengan orang-orang yang kamu cintai.

4. Temukan dukungan sosial

Cari dukungan dari keluarga, teman, atau rekan kerja. Bicaralah dengan orang-orang terdekat tentang stres yang kamu alami, dan jangan ragu untuk meminta bantuan atau nasihat jika diperlukan.

5. Lakukan aktivitas relaksasi

Temukan aktivitas yang membantumu merasa santai dan mengurangi stres, seperti yoga, meditasi, pernapasan dalam, atau olahraga ringan. Usahakan untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan mental.

Baca juga: 6 Tips Merancang Resolusi Agar Tidak Hanya Jadi Wacana

6. Perhatikan kesehatan fisik

Jaga pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Hindari kebiasaan yang tidak sehat, seperti penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan, yang dapat memperburuk gejala burnout.

7. Ambil cuti atau liburan

Jika memungkinkan, ambil cuti atau liburan untuk mengambil jeda dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Gunakan waktu ini untuk benar-benar bersantai dan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan memulihkan energi.

8. Evaluasi tujuan dan harapan

Tinjau kembali tujuan dan harapanmu terhadap pekerjaan dan kehidupan. Mungkin perlu melakukan penyesuaian dan menetapkan ekspektasi yang realistis agar dapat mengurangi tekanan dan stres yang tidak perlu.

9. Jaga minat dan hobi

Tetap terhubung dengan minat dan hobi di luar pekerjaan. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu nikmati dan memberikan kegembiraan serta energi positif.

10. Konsultasikan dengan professional

Jika burnout terus berlanjut atau sangat parah, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental atau konselor yang dapat memberikan panduan dan dukungan yang lebih khusus.

Itu dia 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burnout. Ingatlah bahwa mengatasi burnout membutuhkan waktu dan komitmen. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ekspektasi dan Realita dalam Mencari Pekerjaan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar